Hadiri Rapat tahun Koperasi Mutiara, ini kata Walikota Ternate


AKSESNEWS.COM, TERNATE – Wali Kota Ternate, M. Tauhid Soleman membuka kegiatan rapat anggota tahunan Koperasi Mutiara tahun buku 2022, yang berlangsung di pelabuhan Semut Mangga Dua Ternate, Jumat malam (27/1/2023).

Dalam kegiatan yang bertemakan “tranformasi pelayanan pelayaran rakyat di era digitalisasi” itu, Wali Kota Ternate memberikan apresiasi yang tinggi untuk pengurus koperasi yang dinilainya berhasil dalam menjalankan tugas dan fungsi koperasi untuk mensejahterakan anggota dan memberikan manfaat yang banyak bagi sekitar.

“Tadi ketua menyampaikan telah banyak program yang dilaksanakan seperti memberikan insentif kepada para imam dan guru mengaji, memberikan kurban dan bahkan THR, juga melakukan perhatian pada sepak bolo, menurut saya ini sesuatu yang luar biasa,” kata Wali Kota Ternate.

Menurutnya, apa yang dilakukan oleh koperasi mutiara Mangga Dua ini telah membantu Pemerintah Kota Ternate dalam melayani masyarakat, sehingga patut menjadi contoh bagi koperasi lain. “Saya mendorong dan inginkan setiap perkumpulan seperti pangkalan ojek dan lainnya juga memiliki koperasi sehingga dapat maju bersama,” ungkap politisi partai Nasdem ini.

Wali Kota menyebutkan dua hal yang disampaikan oleh ketua Koperasi Mutiara Mangga Dua, Iksan Adam yakni dengan adanya koperasi dan aktifitas di pelabuhan Semut Mangga Dua telah meminimalisir konflik antara kampung yakni antara Kelurahan Mangga dan Kelurahan Toboko.

“Memang betul yang disampaikan dan ini menjadi catatan tersendiri karena dengan adanya aktivitas koperasi di pelabuhan ini konflik antara kampung sudah mulai kurang beberapa tahun ini, semoga kedepannya juga dapat menghilangkan miras karena semua pemuda memiliki pekerjaan dan aktivitas yang mencegah mereka dari konflik,” jelasnya.

Selain itu Wali Kota juga memberikan apresiasi terkait dengan inovasi koperasi untuk digitalisasi dari segi e-tiketing dan e-parking merupakan inovasi yang luar biasa karena membantu pemerintah daerah dalam pendapatan.

“Saya dapat informasi koperasi pelayaran ini adalah koperasi yang terbaik yang ada di Maluku Utara jadi ini bapak Ibu sekalian khusus kepada para nahkoda ABK sekalian berada atau berhimpun dalam koperasi karena semua juga akan dikembalikan kepada kesejahteraan anggota,” ungkapnya.

“Mudah-mudahan ini adalah koperasi yang bisa menjadi panutan sekaligus ideal untuk diikuti oleh koperasi-koperasi pelayaran yang ada di kabupaten kota di Provinsi Maluku Utara,” harapnya.

Diketahui, sebelum Wali Kota Ternate memberikan sambutan, Ketua Koperasi Mutiara Mangga Dua Iksan Adam telah menyampaikan sambutan yang menyebutkan pelaksanaan rapat anggota tahunan merupakan sarana pertanggungjawaban pengurus terkait amanat yang diberikan.

“Kurang lebih 3 tahun lalu, tepatnya tanggal 4 Desember 2019 secata sah berdirinya koperasi mutiara Mangga dua dan memperoleh izin operasional dari Kepala KSOP kelas II Ternate dengan nomor A1-002/3/5/KSOP.TTE-2020 tepatnya pada tanggal 22 September 2020 dan memulai usahanya tepat pada tanggal 1 Oktober 2020,” ungkap Iksan.

Iksan bilang, rapat anggota tahunan merupakan kewajiban dari tiap koperasi, dimana dapat disampaikan bahwa koperasi dengan moto sejahtera, mandiri, modern berkoperasi ini telah melakukan beberapa program andalan, seperti mengikutkan 183 anggota keagenan (nahkoda speed boat) sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan dengan 3 program yaitu jaminan kecelakaan kerja, jaminan kematian dan jaminan hari tua.

“Kami bersama koperasi bahtera semesta mandiri Sofifi telah menjalin kerja sama yang baik, terutama menjamin asuransi kecelakaan penumpang dengan PT Jasa Raharja cabang Ternate, hingga saat ini armada yang terdaftar berjumlah 226 unit,” ungkap lelaki yang biasa dipanggil Nacy ini.

Selain itu Nacy bilang, sejumlah program juga dilakukan seperti di bidang sosial, dengan memberikan insentif kepada para imam di 6 masjid di Mangga Dua dan 1 imam di masjid Toboko, selain itu dalam 3 tahun terakhir pada hari raya idul Adha telah menyalurkan sebanyak 18 ekor sapi dan 3 ekor kambing yang disalurkan di 3 hine base.

“Di bidang olahraga dan seni juga kami ada program yakni memberikan kontribusi pada sekolah sepak bola mutiara Mangga dua dengan memberikan insentif kepada pelatih dan selalu berupaya untuk memenuhi segala kebutuhan yang diperlukan, sementara di bidang seni kami juga kontribusi kepada sanggar kesenian fala muda,” ungkapnya. (@k)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *