Lantik 24 Anggota Panwascam Untuk Pilkada 2024, Ini Pesan Ketua Bawaslu Kota Tidore Kepulauan

Tidore316 views

AKSES NEWS.COM, TIDORE- Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Tidore Kepulauan melantik 24 anggota Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) untuk pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024, Jumat (24/5/2024) di Meeting Room Penginapan Bogenfile Tidore.

Ketua Bawaslu Kota Tidore Kepulauan Amru Arfa dalam sambutannya mengatakan, Panwascam sebagai pengawas pemilu di tingkat kecamatan yang bersentuhan langsung dengan penyelenggara dan peserta pemilu kiranya harus bisa bekerja profesional, bersikap netral atau tidak memihak kepada partai politik tertentu.

“Tentunya komitmen dan integritas ini harus bisa dipegang teguh Panwas sebagai penjaga nilai-nilai dalam pesta demokrasi, termasuk mencegah praktik politik uang, menyampaikan informasi secara berjenjang ke Bawaslu jika menjumpai adanya dugaan pelanggaran Pemilu,” ujarnya.

Setelah dilantik, lanjut Amru, anggota panwascam akan diberi pembekalan terkait pengawasan Pilkada serentak tahun 2024 hingga tugas dan fungsi sebagai Panwascam.

Pasalnya, tugas sebagai Pengawas pada Pemilihan ini tidak lah ringan, Panwascam bertugas mengontrol dan mencegah pelanggaran dan menegakkan demokrasi.

“Peran dari panwascam sangat penting bagi kesuksesan pemilu. Bapak dan Ibu diharuskan menjalin kerjasaman yang baik dengan stakeholder lainnya. Tetap koordinasi, bekerja ikhlas dan lakukan berdasarkan aturan yang telah ditetapkan baik Undang-Undang, Perbawaslu, PKPU dan lainnya,” kata Amru mengakhiri.

Untuk diketahui, kegiatan Pelantikan, dan Pengambilan Sumpah Sekaligus Pembekalan Anggota Panwascam se Kota Tidore Kepulauan ini dihadiri oleh Ketua Bawaslu Kota Tidore Kepulauan Amru Arfa, dan Anggota yakni Isman M. Natsir, Supriyanto Ade, serta Kepala Sekretariat Bawaslu Tidore Abd. Malik Salasa didampingi Kasubbag Adm Abdullah Ali, Kasubbag Pengawasan dan Humas Salim Bakir, Kasubah Penanganan Pelanggaran Sittihawa Kalidi. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *