Sukseskan Pemilu 2024, KPUD dan Harita Nickel Buka TPS Khusus Karyawan di Site Obi

Daerah, Politik23 views

AKSESNEWS.COM, HALSEL – Puncak perayaan pesta demokrasi Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024, untuk Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten/Kota, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi, Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR-RI), Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD-RI) serta Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia periode 2024-2029 disambut meriah dan antusias oleh seluruh masyarakat Indonesia.

Kemeriahan pesta demokrasi lima tahunan ini juga turut dirasakan oleh perusahaan pertambangan dan industrialisasi nikel terintegrasi berkelanjutan, PT Trimegah Bangun Persada Tbk (NCKL) atau Harita Nickel, di Pulau Obi, Kabupaten Halmahera Selatan, Provinsi Maluku Utara.


Suasana di lokasi TPS Khusus di area perusahaan Harita Nickel di Pulau Obi, Halmahera Selatan. (Dok.Harita)

Berdasarkan data yang didapatkan dari KPUD Halmahera Selatan, data pemilih terdaftar di TPS Khusus di area perusahaan berjumlah 12.841 orang yang terdiri dari pemilih laki – laki sebanyak 12.185 dan pemilih perempuan sebanyak 656.

Sebagai bentuk peran aktif perusahaan dalam mendukung pemerintah untuk menyukseskan gelaran Pemilu 2024, Harita Nickel mendukung penuh program Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Halmahera Selatan dalam menyediakan Tempat Pemungutan Suara (TPS) Khusus sebanyak 44 TPS yang tersebar di dalam area perusahaan.

Sejak pukul 07.00 WIT, ribuan karyawan dari berbagai unit kerja mulai berdatangan ke TPS untuk menyalurkan hak pilih mereka. Samsul Baharudin, salah satu karyawan yang ditemui di TPS mengaku senang karena sebagai warga negara dapat difasilitasi oleh perusahaan untuk menyalurkan hak suaranya di lokasi kerjanya. Menurutnya pelayanan yang diberikan pihak penyelenggara juga sangat bagus, dengan fasilitas TPS yang nyaman serta pengelolaan kegiatan yang berlangsung dengan sangat baik.

“Ada TPS khusus yang disediakan untuk kami, bahkan tahun ini TPS sangat banyak, namun tetap terorganisir dengan aman. Waktu pencoblosan juga sesuai harapan kami, sehingga kami masih bisa kerja di site masing-masing.”

Lebih lanjut ia juga menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya Pemilu 2024 di area perusahaan. “Terima kasih kepada perusahaan dan pihak penyelenggara yakni KPUD dan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Halmahera Selatan yang telah menyediakan TPS lokasi khusus untuk kami,” ungkap Samsul.

Sejalan dengan itu, Anggota KPUD Halmahera Selatan yang juga menjabat sebagai Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat KPUD Halmahera selatan, Yaret Colling, S,Pi., mengapresiasi langkah yang dilakukan oleh Harita Nickel dengan menyediakan ruang TPS Khusus di area operasinya.

“TPS khusus ada 44 di Harita Nickel. Itu artinya sosialisasi kena sasaran. Otomatis antusias pemilih juga tinggi. Ini sebuah apresiasi untuk pihak Harita Nickel karena telah ikut menyukseskan hajatan negara melalui Pemilu,” ucapnya ketika ditemui di area TPS Khusus Harita Nickel di Pulau Obi, Kabupaten Halmahera Selatan, Rabu (14/02/2024).

Anggota Bawaslu Kabupaten Halmahera Selatan yang juga menjabat sebagai Koordinator Divisi Hukum, Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Hubungan Masyarakat, Hans William Kurama, menjelaskan, “Pada Pemilu tahun ini jumlah TPS lokasi khusus di Harita Nickel mengalami peningkatan dari pelaksanaan Pemilu tahun 2019 yang hanya 8 TPS lokasi khusus, dan pada tahun ini meningkat menjadi 44 TPS, sehingga kami memberikan apresiasi kepada pihak perusahaan atas penyelenggaraan Pemilu tahun ini.”

Baik Bawaslu maupun KPU juga memberikan apresiasi kepada pihak perusahaan yang telah mengizinkan karyawan untuk menjadi bagian dari petugas penyelenggara Pemilu di lokasi TPS. Seluruh karyawan yang bertugas sebagai pengawas TPS maupun KPPS sebelumnya telah mendapatkan Bimbingan Teknis (Bimtek) dari Lembaga terkait. (at/rls)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *