Pj Gubernur Malut Serahkan Sapi Qurban Bantuan Presiden di Ake Kolano

Daerah135 views

AKSESNEWS.COM, SOFIFI –  Penjabat (Pj.) Gubernur Maluku Utara, Drs. Samsuddin Abdul Kadir, M.Si., yang diwakili oleh Pelaksana Harian (Plh.) Sekretaris Daerah, Kadri La Etje, Spi., menyerahkan sapi qurban berbobot 911kg bantuan dari Presiden Joko Widodo kepada Masjid Al Muttaqin di Desa Ake Kolano, Kecamatan Oba Utara, Minggu (16/6/24).

Pada kesempatan prosesi penyerahan tersebut, Kadri menyatakan bahwa pemberian bantuan sapi qurban ini merupakan bentuk perhatian dan kepedulian Presiden sebagai Kepala Negara kepada masyarakatnya khususnya di Maluku Utara, dan semoga sapi ini kelak dapat di distribusikan dengan optimal kepada mereka yang berhak.

Masih menurut Kadri, bahwa moment pelaksanaan Idul Adha merupakan peristiwa keagamaan dalam rangka meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT. Sebagaimana bentuk aktualisasi ketaqwaan yaitu melalui penyembelihan dan diserahakan kepada mereka yang berhak.

Sapi tersebut telah memperoleh Surat Keterangan Kesehatan (SKK) dari dokter Dinas Pertanian di setiap Provinsi, sebagai satu syarat hewan qurban bantuan Presiden.

Dilansir dari laman Biro Pers, Media, Dan Informasi Sekretariat Presiden, melalui Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono menyampaikan bahwa, Presiden Joko Widodo menyalurkan bantuan kemasyarakatan berupa sapi dalam rangka Idul Adha 1445 Hijriah. Bantuan kemasyarakatan tersebut disampaikan oleh kepada seluruh Gubernur dan Penjabat (Pj.) Gubernur daerah.

Lanjut, Heru menyampaikan bahwa bantuan kemasyarakatan berupa sapi qurban disalurkan kepada seluruh provinsi di Tanah Air masing-masing satu ekor. Selain itu, pada tahun ini bantuan satu ekor sapi juga diserahkan kepada Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN).

“Jumlahnya adalah semua provinsi mendapatkan satu, termasuk OIKN satu, dan beberapa arahan khusus Bapak Presiden. Mungkin termasuk beberapa nanti di OIKN sesuai arahan beliau kita tambahkan sapi,” lanjutnya.

Sebagai informasi bahwa berdasarkan penuturan Plt. Kepala Dinas Pertanian Provinsi Maluku Utara, Mukhtar Husen, sapi bantuan kemasyarakatan dari Bapak Presiden, berjenis limosin dengan berat 911 Kg.

Hadir dalam prosesi serah terima tersebut, Plh Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat Setda Provinsi Maluku Utara, Sekretaris Dinas Perhubungan serta Ketua Panitia Hewan Kurban Desa Ake Kolano. (Adm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *