Kalahkan Keterbatasan, Siswa Berkebutuhan Khusus Malut Siap Unjuk Kemampuan di O2SN 2024

Maluku Utara268 views

AKSESNEWS.COM, SOFIFI – Staf Ahli Bidang Hukum, Politik dan Pemerintahan, Dra. Hairia, membuka secara resmi Olimpiade Olahraga Siswa Nasional Peserta Didik Berkebutuhan Khusus Tahun 2024 (O2SN/PDBK) Tingkat Provinsi Maluku Utara.

Kegiatan tersebut berlangsung di Halaman Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku Utara, Kamis (27/6/24).

Olimpiade tahun ini diikuti sebanyak 31 siswa berkebutuhan khusus dari Sekolah Luar Biasa (SLB) di Kabupaten/Kota se-Provinsi Maluku Utara. Dimana, O2SN PDBK Tahun 2024 ini mempertandingkan 5 (lima) Cabang Olahraga (Cabor) yaitu atletik, bulu tangkis, bocce, catur dan tenis meja.

Dra. Hairiamenyampaikan, O2SN PDBK merupakan wahana kompetisi bidang olahraga atau kinestetik peserta didik berkebutuhan khusus, juga sebagai bagian dari upaya komprehensif dalam menumbuhkan budaya belajar, berprestasi, kreativitas, sportivitas, dan berorientasi pada pemberdayaan peserta didik yang memiliki kepribadian sebagai karakter unggul.

“Hari ini kita akan mengadakan O2SN untuk anak-anak berkebutuhan khusus. Nah ini dilakukan dalam rangka kita memberikan pemenuhan hak yang sama untuk seluruh peserta didik, baik di bidang pendidikan, bidang keolahragaan, bidang seni, bidang budaya.

”Dalam hal ini, O2SN PDBK bertugas untuk mengidentifikasi bibit-bibit unggul talenta potensial untuk mendukung pencapaian olahraga nasional melalui pembinaan jangka panjang,” ucapnya.

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Maluku Utara, Drs. Imran Yakub mengungkapkan, O2SN PDBK ini sangat bagus sebagai ajang silaturahmi antara siswa dengan siswa, dan antara guru dengan guru lainnya. Apalagi, siswa berkebutuhan khusus sangat membutuhkan silaturahmi antara sekolah sebagai bentuk sosialisasi membangun keakraban.

“Jadi pada hari ini anak-anak berkebutuhan khusus mengadakan pertandingan olahraga, ini tujuannya selain untuk silaturahmi antara siswa, juga silaturahmi antara guru, juga dalam rangka membangun sportivitas kemudian membangun semangat belajar, dan juga menumbuhkan cinta kasih kepada sesama. Dan semoga anak-anak mendapatkan haknya secara baik,” harap Imran.

Diakhir sambutannya, Dra. Hairia, M.Si., berujar perhelatan O2SN PDBK dengan mengambil Tema ‘Merdeka Berpretasi, Talenta Olahraga Menginspirasi’ ini menandai semangat Merdeka Belajar, Merdeka Berprestasi serta aktualisasi prestasi melalui ajang talenta didasarkan pada minat dan bakat para siswa berkebutuhan khusus. Pemerintah mulai memberikan perhatian yang lebih serius terhadap anak-anak yang berprestasi di berbagai bidang ketalentaan. Mereka yang berhasil akan mendapatkan banyak manfaat untuk pengembangan karir belajar atau karir profesionalnya, seperti beasiswa atau pembinaan lanjut untuk mencapai prestasi maksimal.

“Mari kita dukung semangat dan prestasi para peserta didik berkebutuhan khusus ini, yang Insya Allah akan membawa nama baik Maluku Utara di kancah nasional,” pungkasnya.

Kegiatan dihadiri oleh jajaran Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku Utara, Guru Sekolah Luar Biasa se-Provinsi Maluku Utara. Para murid Sekolah Luar Biasa, ASN dan Insan Pers. Kegiatan diakhiri dengan suguhan tarian serta nyanyian yang dibawakan oleh anak-anak disabilitas di bawah asuhan Pemerintah Provinsi Maluku Utara. (At/Adm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *