Hadiri Launching Pekan Budaya Kota Rempah, Ini Pesan PJ Gubernur Maluku Utara 


AKSESNEWS.COM, TERNATE – Penjabat Gubernur Maluku Utara, Samsuddin Abdul Kadir, menghadiri launching Pekan Budaya Kota Rempah yang diselenggarakan oleh Balai Pelestarian Kebudayaan Wilayah XXI Provinsi Maluku Utara yang berlangsung meriah di landmark Kota Ternate, Sabtu (13/7/24) malam.

Dikesempatan itu, Samsuddin A Kadir mengajak masyarakat Kota Ternate dan Kota Tidore Kepulauan agar turut memeriahkan kegiatan pekan budaya Kota rempah.

 

Menurut Gubernur, Pekan budaya Kota Rempah dinilai sangat penting karena warisan budaya yang dimiliki oleh daerah ini harus dijaga dan dilestarikan, “ujarnya.

 

Gubenur juga mengungkapkan bahwa, rempah yang dimiliki daerah ini pada masa lalu sangat bernilai di mata bangsa Eropa. Dengan rempah kepastian bumi itu bulat baru dapat diketahui setelah melalui perjalanan ekspedisi Magelhaens. Dan rempah juga ternyata membuktikan bahwa pengeliling bumi pertama bukan berasal dari bangsa Eropa melainkan dari Tidore yakni Enrique.

 

Samsuddin juga mengatakan, pelaksanaan pekan budaya kota rempah diharapkan dapat memberikan dampak yang positif terutama di Kota Ternate dan Kota Tidore Kepulauan. Karena Kota Tidore dikenal dengan Titik nol rempah sedangkan ternate dikenal dengan istilah Kota Rempah.

“Saya berharap masyarakat Ternate dan Tidore agar menyambut dan turut meramaikan pelaksanaan kegiatan pekan budaya kota rempah ini, “ucap Gubernur.

Sementara itu, Wali Kota Ternate, M Tauhid Soleman menyambut baik atas launchingnya pekan budaya kota rempah ini. Menurut Tauhid, Pekan budaya Kota rempah juga sejalan dengan brand dari Kota Ternate yaitu city of spice.

“Semoga ini dapat menggerakkan perekonomian mayarakat di Kota Ternate maupun di Kota Tidore Kepulauan.

Ia juga berharap warisan budaya di masa lalu menjadi potensi untuk menggerakkan ekonomi di masa kini dan masa yang akan datang.

Sementara itu, Kepala Balai Pelestarian Kebudayaan Wilayah XXI Provinsi Maluku Utara, Kuswanto mengungkapkan, dilaksanakannya pekan budaya kota rempah di kota Ternate dan Tidore kepulauan ini sebagai upaya untuk melestarikan budaya terutama potensi warisan budaya tak benda (WBTb) dan objek pemajuan budaya di Maluku Utara.

Terkait pelaksanaan kegiatan pekan budaya kota rempah, Kuwanto mengatakan, mulai dilaksanakan pada tanggal 6 sampai 10 Agustus yang akan dipusatkan di Tugulufa dan Benteng Tore Kota Tidore Kepulauan.

“Pekan budaya kota rempah ini juga tentu disi dengan berbagai kegiatan melalui pentas seni dan budaya, ” ungkapnya.

Penyelenggaraan Pekan budaya kota rempah ini resmi dilaunching oleh Penjabat Gubernur Maluku Utara, Samsuddin Abdul Kadir bersama Wali Kota Ternate Tauhid Soleman, Wali Kota Tidore kepulauan yang diwakili oleh Asisten III ditandai dengan pemukulan Tifa.

Turut hadir pada kegiatan ini, Forkopimda Malut, Pimpinan OPD Kota Ternate, para komunitas budaya, seniman dan komunitas cakap digital  di Kota Ternate. Acara juga dimeriahkan dengan hiburan oleh penyanyi asal Kota Ambon, Fresly Nikijuluw. (at/Adm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *