PJ Gubernur resmi buka POPDA ke XI Provinsi Maluku Utara di Sofifi

Advektorial111 views

AKSESNEWS.COM, SOFIFI – Penjabat Gubernur Maluku Utara Drs. H. Samsuddin A. Kadir, M.Si, resmi membuka Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) ke XI Provinsi Maluku Utara Tahun 2024. Pembukaan tersebut ditandai dengan pemukulan Tifa,

Kegiatan yang berlangsung di depan kantor Gubernur Maluku Utara, Gosale Puncak pada Senin (22/7/2024), dihadiri Kabinda Provinsi Maluku Utara, Forkompimda Maluku Utara, Plh. Sekda Provinsi Maluku Utara, Para Bupati/walikota atau yang mewakili, Ketua KONI Provinsi Maluku Utara , Para Pimpinan OPD lingkup Pemerintah Provinsi Maluku Utara.

POPDA ke XI Provinsi Maluku Utara yang akan berlangsung mulai tanggal 22 sampai 27 Juli 2024 di Sofifi, tersebar di beberapa titik di ibukota Sofifi dengan Cabang Olahraga (Cabor) Atletik dan Bola Voly akan digelar di Lintasan Atletik GOR PPLP Akekolano, Cabor Bola Basket di Lapangan Basket SMA Negeri 5 Tidore, Cabor Karate di Aula Dinas Koperasi dan UKM.

 

Kemudian, untuk Cabor Pencak Silat di Aula Nuku Kantor Gubernur, Cabor Sepak Bola di Lapangan Bola GOR PPLP Akekolano dan Lapangan Bola Somahode, dan Cabor Tinju di Taman Sultan Ternate Bundaran Sofifi.

 

POPDA ke XI Provinsi Maluku Utara tahun ini diikuti sebanyak 1017 orng yang terdiri dari Atlit, pelatih dan official. Dengan rincian Kontingen kota Ternate berjumlah 133 orang, Kabupaten Halmahera Barat 111 orang, Halmahera Tengah 111 orang, Kota Tidore Kepulauan 128 orang, Kabupaten Halmahera Selatan 123 orang, Halmahera Utara 132 orang, Kepulauan Sula 86 orang, Halmahera timur 77 orang, Pulau Morotai 66 orang, dan Pulau Taliabu 50 orang.

 

“Saya sampaikan apresiasi kepada seluruh kepala daerah kabupaten dan kota beserta ketua KONI Maluk Utara atas pemilihan ibukota Sofifi sebagai lokasi pelaksanaan POPDA ke XI tahun 2024, “kata Pj. Gubernur Maluku Utara, Samsuddin A. Kadir saat menyampaikan sambutannya.

 

Menurutnya, POPDA XI Provinsi Maluku Utara yang dipusatkan di Sofifi ini, merupakan momentum yang sangat penting bagi seluruh siswa-siswi pelajar dari masing-masing daerah di Provinsi Maluku Utara untuk menunjukan kemampuan dan bakat mereka dalam berolahraga.

 

POPDA pada tahun ini, kata Samsuddin, bukan hanya tentang memenangkan medali atau trofi, tapi juga tentang semangat kebersamaan dan sportifitas, “ujar Gubernur.

“Saya mengajak kita semua agar menjunjung tinggi nilai-nilai Fair Play dan saling menghargai satu sama lain, tidak hanya di dalam lapangan, tapi juga di luar lapangan, “ajaknya.

Gubernur Juga mengatakan bahwa Maluku Utara selalu mempunyai Atlet berprestasi di berbagi cabang Olahraga, baik prestasi pada tingkat Daerah maupun di tingkat nasional.

“Untuk mewujudkan masa depan Atlit daerah cemerlang dan dapat mengharumkan nama daerah di Provinsi Maluku Utara, kompetisi ini harus dilakukan sesuai dengan ketentuan yang berlaku, “ujar Samsuddin.

Sebelum mengakhiri sambutanya, Orang nomor satu di Maluku Utara ini berharap, POPDA kali ini dapat mempererat tali persaudaraan dan kebersamaan di antara seluruh pelajar di Provinsi Maluku Utara serta dapat menjadi ajang pembelajaran dan berbagai pengalaman berharga bagi semua peserta. (At)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *