Peringati HUT Pramuka Ke 63, Kwartir Cabang Kota Tidore Kepulauan Menggelar Apel Akbar

Tidore153 views

AKSESNEWS.COM, TIDORE – Dalam memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Pramuka ke 63, Kwartir Cabang Kota Tidore Kepulauan menggelar  Apel Akbar yang berlangsung di Bumi Perkemahan, Stadion Marimoi Tidore, Rabu (13/8/2024).

Apel akbar tersebut dipimpin oleh Wali Kota Tidore yang diwakili Asisten Sekda Bidang Pemerintahan dan Kesra  Dr Syofyan Saraha, dan diikuti oleh peserta dari Siaga, penggalang, penegak dari tingkat SD, SMP, SMA dan SMK yang berada di wilayah Kota Tidore Kepulauan.

Mengawali sambutan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, Sofyan Saraha mengatakan, Saat ini tengah di hadapkan dengan berbagai tantangan zaman yang penuh ketidakpastian, perkembangan teknologi dan komunikasi yang menjadikan hilangnya batas-batas negara karena aksi bullying, kasus narkoba, pornografi, hingga budaya asing yang telah menggerus semangat gotong royong dan nasionalisme generasi muda.

“Sehingga dalam menghadapi persoalan tersebut, Gerakan Pramuka sangatlah tepat untuk mengkanalisasi situasi saat ini. Gerakan Pramuka memberikan pendidikan life skill, soft skill, hard skill, serta dilengkapi dengan kecerdasan SESOSIF yaitu kecerdasan Spiritual, Emosional, Sosial, Intelektual, dan Fisik yang menjadi postur ideal seorang Pramuka sebagai generasi pembawa perubahan untuk bangsa Indonesia.” Kata Sofyan

Syofyan juga menambahkan, Sebagai organisasi Pendidikan non formal, Gerakan Pramuka realitanya tidak hanya sekadar menangani character building tetapi juga berperan aktif pada bidang lainnya, Selain itu Gerakan Pramuka juga telah melakukan adaptasi teknologi dalam mewujudkan ketahanan pangan dengan membuat Sekolah Pertanian Terpadu yang bekerjasama dengan Food and Agriculture Organization (FAO), serta Gerakan Pramuka terus melakukan transformasi kurikulum agar bisa beradaptasi dengan kebutuhan zaman saat ini dan pada masa yang akan datang.

“Kegiatan dan upaya yang telah kita lakukan tersebut adalah bagian dari kontribusi Gerakan Pramuka dalam menyongsong Indonesia Emas Tahun 2045 untuk mempersiapkan Sumber Daya Manusia yang unggul dan memiliki daya saing. Karena kami sangat yakin SDM yang dipersiapkan oleh Gerakan Pramuka merupakan SDM yang berjiwa Pancasila karena dididik dengan Fundamental Value Transformation Gerakan Pramuka yaitu pengamalan Tri Satya dan Dasa Darma Pramuka dengan begitu Pramuka akan menjadi aktor penggerak dan pilar kekuatan negara dalam menuju Indonesia Emas pada tahun 2045. Tentunya upaya tersebut perlu membangun sinergitas, kolaborasi dan partnership serta komitmen, konsisten maupun konsekuen dari Kakak-kakak sekalian dan seluruh stakeholder terkait lainnya.” Tandas sofyan

Usai digelarnya Apel Akbar, Asisten Sekda Bidang Pemerintahan dan Kesra Syofyan Saraha didampingi Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Tidore Kepulauan Muhammad Abubakar, Pimpinan OPD beserta para pendamping Gudep melakukan pengguntingan pita pada pasar siaga.

Pasar siaga ini merupakan perwakilan dari guru-guru pendamping siaga pada tingkat SD/MI di Kota Tidore dengan menampilkan produk-produk unggulan dari masing-masing sekolah tersebut.

Syofyan Saraha juga mengikuti karnaval sepeda hias yang mengambil start depan Stadion Marimoi menuju Kantor wali Kota dan kemabali lagi ke Bumi perkemahan.(hms)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *