25 Tahun Maluku Utara, Dinas Pertanian Fokus Kembangkan Sektor Pertanian 

Advektorial248 views

AKSESNEWS.COM, SOFIFI – Dalam momentum memperingati hari ulang tahun provinsi yang ke-25, Pemerintah Provinsi Maluku Utara melalui Dinas Pertanian ikut promosikan hasil binaan pertanian dan hasil panen petani di 10 kabupaten kota di Maluku Utara.

Plt Kepala Dinas Pertanian Provinsi Maluku Utara, Muhtar Husen mengatakan, pengembangan sektor pertanian di provinsi Maluku Utara menjadi point penting sesuai dengan arahan Penjabat Gubernur, Samsuddin Abdul Kadir.

“Melalui hajatan momentum HUT Provinsi Maluku Utara yang ke 25, Dinas Pertanian hari ini kita juga ikut bahwa terlibat untuk mempromosikan hasil panen petani di lokasi stand pameran UP2K Maluku Utara Expo 2024, “katanya.

Menurutnya, sektor pertanian yang dipromosikan adalah berbagai tanaman dan hasil panen tanaman pangan seperti jagung, kedelai dan sektor horti yaitu cabe, tomat, bawang dan ditambah dengan buah-buahan yang ambil dari hasil panen petani binaan Dinas Pertanian di 10 kabupaten kota di Maluku Utara.

Lanjut Muhtar, hasil perkebunan menjadi sektor andalan kita di Maluku Utara salah satunya seperti Pala, Kelapa yang secara totalitas kita Maluku Utara dari seluruh provinsi masuk pada urutan ke 5 di seluruh Indonesia.

“Yang hari ini kita tampilkan produk-produk kita yang ada di Maluku Utara, ini merupakan hasil kerja keras petani kita, dan ini menandakan kalau petani kita berhasil di seluruh 10 kabupaten kota, “terang Muhtar.

Di ajang HUT provinsi Maluku Utara ini, kita tampilkan hasil komoditi, dimana seluruh komoditi yang sudah ada stoknya seperti benih stok pala, kelapa, cengkeh ada semuanya kita stoknya.

Muhtar juga menegaskan bahwa, seluruh produk-produk yang ada di Maluku Utara salah satunya Pala, Cengkeh dan bahkan ribuan bahkan jutaan pun kita siap dan untuk ekspor sampai ke mana-mana sudah siap.

Selain itu, kata Muhtar, ditahun ini berbeda dengan sebelumnya karena beni jadi di tahun kemarin kita belum bisa berikan kalau hanya diberikan dalam bentuk yang biasa-biasa saja bisa, tapi untuk sekarang kita bisa memberikan benih yang kita kasih ke petani itu sudah bersertifikat makanya kita bilang ini sudah luar biasa.

Karena itu, kita (red, Dinas Pertanian) sudah bisa kirim bukan cuma di Maluku Utara di beni pala, cengkeh sudah bisa kita ekspor ke mana mana sudah bisa.

Dian itu karena stok di Maluku Utara ini tergantung permintaannya, jadi salah sasaranya buat kita menampilkan bahwa semua produk sudah bisa.

Sementara, untuk horti buah salak sudah bisa di ambil dari Kecamatan Ibu, Kabupaten Halmahera Barat, dan ini merupakan hasil dari petani kita sendiri.

“Semua peroduk yang ditampilkan merupakan kerja sama Dinas Pertanian dan semua partai binaan di seluruh kabupaten kota di Maluku Utara, sehingga hasilnya jadi kita tampilkan di pameran ini, “ujarnya.

Muhtar berharap, di tahun depan apa yang telah kita capai hari ini bisa berjalan dengan baik dan bisa meningkatkan kesejahteraan petani hingga memenuhi kebutuhan pangan masyarakat baik di daerah maupun ke luar wilayah Maluku Utara. (red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *