ESDM Siap Dukung Kerja Pansus LKPJ Dongkrak PAD melalui Sektor Tambang


AKSESNEWS.COM, SOFIFI – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Maluku Utara melalui Panitia Khusus (Pansus) LKPJ Gubernur Maluku Utara tahun 2021 ternyata tak hanya mengidentifikasi sejumlah program yang sudah terealisasi pada tahun lalu.

Selain melakukan identifikasi program, Pansus LKPJ yang di pimpin Ishak Naser juga turut mendorong peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) di Maluku Utara.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Maluku Utara, Suriyanto Andili sangat mengapresiasi kerja-kerja pansus LKPJ dalam membantu pemerintah daerah untuk bagaimana mendongkrak PAD.

Karena itu, Suriyanto Andil bilang, pihaknya akan selalu mendukung penuh kerja Pansus LKPJ untuk bagaimana mendorong peningkatan PAD, khususnya di sektor tambang, “ujarnya, Rabu (6/7/2022) di Sofifi.

Dikatakan, kemarin dirinya sudah bersama dengan tim ESDM untuk mendampingi Tim Pansus ke Jakarta untuk menemui beberapa perusahaan dan mereka memiliki iktikad baik serta menyampaikan semua hal yang diminta.

“Pada prinsipnya, kita sampaikan kepada perusahaan untuk mematuhi kewajiban dan persyaratan yang diminta oleh pansus, karena pansus ini bekerja untuk bagaimana menaikkan PAD,” katanya.

Untuk itu, ia berharap kepada pihak perusahaan tambang yang beroperasi di Maluku Utara agar taat membayar pajak dan selalu transparan melaporkan jumlah tenaga kerja, serta jumlah kendaraan.

“Kita mendorong kepada perusahaan agar kewajibannya harus dilaksanakan dan menyampaikan data yang sebenar-benarnya, “pintanya.

Misalnya, mulai dari data jumlah tenaga kerjanya berapa, alat berat jumlahnya berapa, dan kendaraan (baik kendaraan roda empat dan roda dua) itu berapa.

Tak hanya itu, kita juga akan minta ke perusahaan agar bersama-sama dengan Pemda untuk hak dan kewajiban itu harus berbarengan,”pungkasnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *