Sebanyak 1076 JCH Maluku Utara Siap diberangkatkan ke Makasar

Maluku Utara58 views

AKSESNEWS.COM, SOFIFI – Wakil Gubernur Maluku Utara, M. Al Yasin Ali, melepas sebanyak 1076 jemaah calon haji (JCH) Maluku Utara tahun 1444 H/2023 M untuk siap diberangkatkan menuju Asrama Haji Sudiang Makassar.

Acara pelepasan ini berlangsung di ruang Aula Asrama Haji Ngade Ternate, Maluku Utara pada Minggu, 28 Mei 2023 ini, ditandai dengan penyelamatan rompi kepada para petugas kesehatan dan PPHI Maluku Utara.



“Labbaykallah humma labbayk, upacara hari ini disampaikan sebagai bentuk pengakuan dan kesadaran akan kehadiran Allah SWT, dan ini juga sebagai pernyataan kesiapan kita untuk memenuhi panggilannya, “kata Wakil Gubernur.

Dikatakan, kalimat ini sebagai sebuah ungkapan kerendahan hati dan kesetiaan seorang hamba kepada Allah SWT, serta menjadi simbol kesatuan dan solidaritas umat Islam dalam melakukan ibadah yang sama, ”ucapnya melanjutkan.

Mantan Bupati Halmahera Tengah ini juga menyampaikan bahwa, ungkapan kalimat untuk memenuhi panggilan Allah SWT juga menjadi pengingat bagi jamaah untuk selalu mengingat Allah SWT sehingga dalam setiap ulangannya, jamaah diingatkan untuk memfokuskan diri pada Tuhan dan mengabaikan semua gangguan dan godaan duniawi.

Dikatakan, pada Musim Haji 1444 Hijiriah tahun 2023, ummat Islam di seluruh dunia kembali dipanggil oleh Allah SWT untuk melaksanakan rukun Islam yang kelima yaitu melaksanakan ibadah haji bagi yang mampu.

“Penantian bertahun-tahun kaum muslimin termasuk di Maluku Utara terjawab dengan respon Pemerintah Arab Saudi yang terus memperhatikan tambahan kuota haji di Indonesia,”jelas Wagub.

Melalui Kementerian Agama Republik Indonesia pada Musim Haji Tahun 2023 telah memperoleh tambahan kuota sebanyak 8000 jamaah termasuk di Maluku Utara.

“Kita berharap dengan adanya kuota tambahan akan mempermudah jalan jamaah Maluku utara untuk mewujudkan niat ibadah hajinya, “ungkap Wagub

Sebagai koordinator wilayah PPIHD Maluku Utara, Wagub Al Yasin, juga ingatkan bahwa pada musim haji tahun 2023 ini sebanyak 31 persen dari semua Jamaah Calon Haji Indonesia adalah jamaah yang sudah lanjut usia atau Lansia.

“Saya minta kepada semua Jamaah Calon Haji agar ketua-ketua rombongan dan jamaah yang dipimpinnya dan kepada jamaah yang masih berusia muda dapat saling memperhatikan antara satu dengan lainnya,”pinta Wagub

Selain itu, Ia juga meminta kepada Panitia Penyelenggara Ibadah haji Daerah yang telah ditunjuk agar melakukan pelayanan dengan baik bagi seluruh Jamaah Calon haji termasuk jamaah lansia mulai pada proses pemberangkatan, proses beribadah di Makkah dan Madinah hingga kembali ke rumah dan berkumpul bersama keluarga nanti tidak menghadapi kesulitan.

“Semoga perjalanan ibadah haji tahun ini dapat berjalan sesuai harapan kita semua yakni perjalanan ibadah yang baik, penyelenggaraan yang aman, lancar serta dapat memenuhi harapan masyarakat,”tutup Wagub.


Amar Manaf

Sementara, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Maluku Utara, Amar Manaf mengatakan bahwa jumlah kuota jamaah haji Maluku Utara pada musim haji tahun 1444 Hijriah/2023 Masehi sebanyak 1076 orang.

“Jumlah tersebut yaitu terbagi dalam 1067 orang jamaah haji dan 9 orang PPIHD Provinsi Maluku Utara,” ungkap Amar saat memberi sambutan pada acara pelepasan JCH di Asrama Haji Ngade.

Amar meyebutkan, dari jumlah tersebut, terdiri dari Kota Ternate sebanyak 268 orang, Kabupaten Halmahera Selatan 196 orang, Kota Tidore Kepulauan 115 orang, Kabupaten Kepulauan Sula 110 orang, Kabupaten Halmahera Utara 96, Kabupaten Halmahera Barat 68 orang, Kabupaten Halmahera Tengah 70 orang, Kabupaten Halmahera Timur 61 Kabupaten Pulau Morotai 45 orang, Kabupaten Pulau Talibu 38 orang.

Lanjut Amar, seluruh JCH akan diberangkatkan dalam tiga Kelompok terbang (Kloter), diantaranya Kloter 10 dengan jumlah jamaah sebanyak 393 orang, Kloter 13 berjumlah 393 orang, dan Kloter 16 jamaahnya berjumlah 299 orang.

Dikatakannya, keberangkatan JCH dalam tiga Kloter itu masing-masing, yaitu Kloter 10 sejak hari ini sudah masuk ke Asrama Haji Ternate dan mulai besok terbang ke Makassar dan menuju Madinah pada Senin 30 Mei 2023.

“Kloter 13 masuk ke Asrama Haji Ternate pada tanggal 31 Mei 2023, dan pada 1 Juni 2023 menuju ke Asrama Haji Sudiang Makassar, kemudian ke Madinah pada tanggal 2 Juni 2023,” jelas Amar.

Sedangkan kloter 16 masuk ke Asrama Haji Transit Ternate pada tanggal 2 Juni 2023, diberangkatkan ke Makassar pada tanggal 3 Juni 2023 kemudian berangkat ke Madinah tanggal 4 Juni 2023. Dimana semua JCH Malut berada dalam gelombang pertama, “pungkasnya.

Diketahui, hadir dalam kesempatan itu pimpinan dan jajaran Forkompimda Malut, pimpinan dan Anggota Komisi IV DPRD Malut, kemudian pimpinan OPD Pemprov Maluku Utara serta JCH Maluku Utara. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *