DPPPA Malut Sosialisasikan Kesehatan Reproduksi pada Anak dan Remaja


AKSESNEWS.COM, HALSEL – Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA) Maluku Utara mengelar sosialisasi kesehatan reproduksi pada remaja tahun 2023.

Kegiatan yang berlangsung di Aula Polres Halmahera Selatan menghadirkan sebanyak 170 orang peserta pada tingkat SMP maupun SMA sederajat di Kabupaten Halmahera Selatan, yang berlangsung selama 2 samapi 3 Agustus 2023.

Kepala Dinas PPPA Maluku Utara, Musrifah Alhadar menyampaikan bahwa pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan masyarakat bertanggung jawab atas pemberian informasi dan pelaksanaan edukasi mengenai kesehatan reproduksi bagi masyarakat khususnya generasi muda.

Dijelaskan, kesehatan reproduksi (Kespro) adalah keadaan sehat secara fisik, mental, dan sosial secara utuh, tidak semata-mata bebas dari penyakit atau kecacatan yang berkaitan dengan sistem, fungsi, dan proses reproduksi, “jelasnya.

Karena itu, sosialisasi ini sangat perlu disampaikan kepada remaja agar remaja ini bijak dalam melakukan tindakannya di kemudian hari, “ujarnya.

Lanjut Musrifah, Informasi dan edukasi mengenai keluarga berencana dan metode kontrasepsi sangat perlu ditingkatkan. Dengan informasi dan edukasi tersebut, diharapkan dapat menurunkan kejadian premarital seks, seks bebas serta angka kehamilan yang tidak diinginkan yang dapat menjurus ke aborsi dan infeksi menular seksual termasuk penularan HIV dan AIDS.

Dikesempatan itu, Musrifah mengingatkan kepada para siswa agar perlu menjaga kesehatan reproduksinya dengan cara menghindari seks bebas untuk mencegah penularan penyakit menular seksual, kehamilan di luar nikah, dan masalah lain yang mempengaruhi kesehatan reproduksi,”pungkasnya.

Untuk diketahui, sosialisasi ini selain di Kabupaten Halmahera Selatan, kegiatan ini juga akan dilanjutkan ke Kabupaten Halmahera Barat dan Kabupaten Pulau Taliabu. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *