Jelang Pemilu Serentak, Bawaslu Tidore Intens Sosialisasi Netralitas ASN di Setiap Kecamatan

Tidore127 views

AKSESNEWS.COM, TIDORE – Menjelang Pemilihan Umum Secara Serentak, Anggota Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Tidore Kepulauan Supriyanto Ade kembali mengingatkan pentingnya netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam Pemilu serentak tahun 2024.

Anggota Bawaslu Tidore Supriyanto Ade mengatakan, netralitas ASN selalu menjadi salah satu isu yang banyak dibahas dalam setiap gelaran Pemilu dan Pemilihan. Sehingga menjadi agenda wajib bagi Bawaslu untuk melakukan sosialiasi sebagai bentuk langkah pencegahan.

“Berdasarkan hal tersebut Bawaslu Tiodore mempunyai komitmen dan ikhtiar untuk menjaga netralitas ASN agar Pemilu Serentak Tahun 2024 berjalan jujur dan adil. Bawaslu sebagai salah satu penyelenggara pemilu wajib memastikan setiap penyelenggara, pemilih, peserta, aparat pemerintah, serta semua pihak yang terkait harus bersikap dan bertindak jujur, mendapat perlakuan yang sama, dan bebas dari kecurangan pihak mana pun,” ungkapnya saat meberikan sosialisasi netralitas ASN di Aula Kantor Camat Tidore Timur, Selasa (17/10/2023).

Lanjutnya, Isu netralitas ASN dapat diketahui bersama bahwa menjadi problem klasik pada setiap gelaran pesta demokrasi, olehnya wajib bagi Bawaslu sebagai penyelenggara untuk memasifkan sosialiasi untuk mencegah agar ASN tidak terjerumus dalam tindak pelanggaran yang berujung pada proses hukum.

“Dalam kesempatan ini kami meminta kepada seluru ASN yang hadir untuk bersama-sama berkomitmen mensukseskan Pemilu serentak tahun 2024 di Kota Tidore Kepulauan ini. Karena seorang ASN dari awal pegangkatannya telah disumpah dan dituntut untuk netral, olehnya pada pelaksanaan tahapan Pemilu serentak tahun 2024, jangan sampai ditemukan adanya keberpihakan ASN pada salah satu Parpol atau calon tertentu. Sebaliknya jika ingin terjun kedunia politik, tentunya harus siap dengan konsekuensi untuk mengundurkan diri dari jabatan ASNnya.” tutur Kordiv Hukum, Pencegahan, Parmas dan Humas (HP2H) Bawaslu Tidore Supriyanto Ade.

Untuk diketahui, Sosialisasi netralitas ASN ini merupakan kali ke 2 (dua) yang dilakukan Bawaslu setelah di Kecamatan Tidore. Peserta yang hadir dalam sosialisasi yakni Camat Tidore Timur beserta Kepala Kelurahan di Tidore Timur. (NT)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *