Sekprov Malut Launching Platform Digital Strategi Pengembangan Informasi Pemberdayaan Digital Masyarakat


AKSESNEWS.COM, TERNATE – Mewakili Gubernur, Sekertaris Daerah Provinsi Maluku Utara, Samsudin Abdul Kadir resmi melaunching Platform Digital Strategi Pengembangan Informasi Pemberdayaan Digital Masyarakat di Provinsi Maluku Utara (Serambi Malut) serta Pengukuhan Forum Koordinasi Serambi Malut, bertempat di Aula Kie Raha Ballroom Muara Hotel Ternate, Kamis (19/10/2023).

Dalam sambutannya, Samsudin Abdul Kadir mengatakan, perjalanan kita bersama dalam menerapkan kebijakan Satu Data Indonesia, sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 39 Tahun 2019 di Tingkat Daerah, termasuk Provinsi Maluku Utara, mulai dari tahap awal Sosialisasi, dan berbagai bentuk kegiatan lainnya, seperti Focus Group Disscusion (FGD), Seminar dan Workshop, hingga saat ini, kita masih terus melakukan berbagai upaya untuk mendorong percepatan peningkatan Implementasi Satu Data Maluku Utara.

Melalui Sosialisasi dan Launching tersebut, kata Samsudin, pembangunan Satu Data di Provinsi Maluku Utara telah dimulai sejak tahun 2020, dengan beragam tantangan dan keterbatasan yang ada, melalui Dinas Kominfo dan Persandian Provinsi Malut, selaku Wali Data, melakukan koordinasi dan kolaborasi, bersinergi dengan semua pihak terkait, untuk mewujudkan Satu Data Maluku Utara.

Ditambahkan, tepat di Hari Ulang Tahun Provinsi Maluku Utara yang ke-22, pada bulan Oktober tahun 2022 yang lalu, Dinas Kominfosan, dapat me-Launching Portal Satu Data Maluku Utara.

Meski begitu, dalam Pelaksanaan Satu Data Maluku Utara ini tentunya kita masih dihadapkan dengan berbagai kendala, di antaranya dimulai dari Produsen Data (OPD) menjadi hal yang sangat krusial, karena menyangkut ketersediaan data, yang dihimpun dari OPD lingkup Pemerintah Provinsi, maupun dari Kabupaten/Kota. Keterbatasan fasilitas sarana prasarana, dan kualitas SDM yang berkompeten di Bidang Pengelolaan Data juga mempengaruhi hal itu.

Karena itu, ini harus menjadi salah satu perhatian kita untuk dikembangkan, dalam peningkatan data set oleh Dinas Kominfosan selaku Produsen Data di Provinsi Maluku Utara adalah menyangkut Data dan Informasi Pemberdayaan Digital masyarakat, yang meliputi aspek Pengetahuan Digital (edukasi), Ekonomi berbasis digital (UMKM dan industri kecil), dan Infrastruktur digital mandiri (yang dikembangkan oleh kalangan non-government) ini.

Saat ini, kata Samsudin, data-data masih tersebar pada sejumlah stakeholder Pengemban program kegiatan Pemberdayaan Digital, seperti pihak Perbankan, Dunia Pendidikan dan Perguruan Tinggi, relawan TIK, dan kalangan Pembina UMKM, industri kecil dan ekonomi kreatif.

Data yang tersebar tersebut, belum terhimpun secara sistematis dan terintegrasi dalam Satu Data, sehingga perlu ada pola strategi dalam bentuk Platform Digital Penyajian dan Pengembangan Informasi dan Data Pemberdayaan Digital Masyarakat di Provinsi kita ini.

“Untuk itu, melalui forum ini kami menyampaikan dukungan dan apresiasi atas Proper Kadis Kominfosan Provinsi Malut, Dr. Iksan R.A. Arsad, tentang Serambi Malut, “kata Samsudin.

Ia berharap, dengan adanya inovasi Proper Serambi Malut ini, dapat terwujud penyediaan Informasi dan Data set Pemberdayaan Digital Masyarakat di 8 kabupaten/ kota, terlaksananya pengembangan kompetensi SDM Pengelola Informasi dan Data, serta terwujudnya integrasi data secara berkesinambungan.

“Dengan adanya Sosialisasi sekaligus Launching ini, semoga dapat memberikan informasi dan edukasi, serta lebih bergeliat lagi dalam pemutahiran data terkini, dan informasi Pemberdayaan Digital Masyarakat yang menjadi pengayaan Satu Data Malut, “harapnya.

“Mari bersama melalui forum ini, kita membangun komitmen, dan bersinergi untuk berkolaborasi demi kemajuan kita, khususnya di Bidang Pelayanan Informasi Masyarakat di era Digital, “tutupnya.

Turut hadir, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Maluku Utara, Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Maluku Utara, Rektor, Direktur, dan atau Ketua Perguruan Tinggi Wilayah Ternate Tidore dan Pulau Morotai dan para Akademisi /Praktisi yang terkait dengan Program Serambi Malu. (Adi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *