oleh

Ini Skema Pemprov Meriahkan HUT Ke 23 Maluku Utara di Sofifi


AKSESNEWS.COM, SOFIFI – Panitia Penyelenggara Hari Ulang Tahun Provinsi Maluku Utara Ke 23 tahun 2022 kembali menggelar rapat teknis pemantapan kegiatan.

Rapat yang dipimpin Staf Ahli Bidang Politik, Hukum dan pemerintahan Ir Abuhari Hamzah bertempat di ruang rapat Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Selasa (20/9/22) kemarin.

Sekretaris Panitia HUT ke 23 Maluku Utara Rahwan K Suamba menjelaskan dalam pertemuan tersebut dibahas sejumlah kegiatan dalam rangka memeriahkan HUT ke 23 yang bersumber baik dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) maupun dari panitia HUT.

Menurut Rahwan, setelah terbentuknya panitia HUT, ada 2 kegiatan yang telah dilaksanakan sebelumnya yakni launching Logo yang telah dilakukan oleh Wakil Gubernur Maluku Utara Ir. M. Al Yasin Ali di halaman kantor Gubernur dan kegiatan Jalan Sehat dan Senam Bersama sebagai pembukaan seluruh rangkaian kegiatan yang dipusatkan di bundaran 40.

Lanjut Wawan, kegiatan lain yang akan dilakukan kedepan antara lain, Lomba Kebersihan Taman Kota dan lomba menghias Rumah ASN yang dilaksanakan oleh Dinas Lingkungan Hidup dengan target penilaian adalah Kebersihan Taman Kota dan Perumahan ASN oleh Masing-Masing OPD. Kegiatan ini rencana dimulai minggu ke 4 bulan September hingga 11 Oktober 2022.

Dinas Koperasi dan UKM pada perayaan HUT tahun ini akan menyelenggarakan Pekan Raya Sofifi (PRS). Dalam kegiatan ini akan menampilkan hasil pembangunan Pemerintah Provinsi Maluku Utara di masing-masing stand dan juga dilombakan.

Selain itu, Dinas Koperasi juga akan menyiapkan teknis lombanya dan memberi ruang kepada semua instansi terkait, instansi Vertikal, Pelaku Usaha dan masyarakat untuk ambil bagian dalam Pekan Raya Sofifi tersebut.

Sementara, untuk Dinas Pendidikan dan Kebudayaan juga melaksanakan Festival Budaya berupa Panggung Kesenian yang akan dimulai pada tanggal 5 sampai 11 oktober 2022 dan Dinas Pemuda dan Olahraga akan menyelenggarakan lomba Gerak Jalan Santai dan lomba lari 10 KM dimana titik startnya adalah bundaran 40 pada tanggal 5-6 Oktober 2022.

Kemudian, Dinas Pertanian akan menyelenggarakan Lomba Bakar Sate dan Lomba Bakar Jagung antar OPD yang juga dipusatkan di bundaran 40 dan kegiatan Ceria yang dilaksanakan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

Lanjut Wawan, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan akan dilaksanakan launching Festival Literasi dan launching Sabua Literasi serta Talkshow melibatkan 10.000 peserta se Indonesia di aula nuku kantor gubernur.

Sementara, untuk doa bersama akan dikemas dalam acara Maluku Utara Berdoa yang digelar pada tanggal 11 Oktober pukul 20.00 di Mesjid Shafur Khairaat.

Harapan panitia, semua kegiatan tersebut dalat berjalan dengan baik dan lancar. Panitia juga berharap masyarakat dapat secepatnya membangun komunikasi dengan instansi terkait atau panitia untuk keikutsertaan dalam berbagai kegiatan tersebut.

Diketahui, rencana puncak pelaksanaan upacara HUT Provinsi Maluku Utara tanggal 12 Oktober 2022 akan dipusatkan di halaman Mesjid Shafur Khairaat yang akan diharidiri oleh seluruh Kepala Daerah, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Pejuang Provinsi, para Kepala Sekolah SMA/SMK se Maluku Utara dan Penggiat Literasi se Maluku Utara. (rls/red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Susunan Berita