oleh

Lakukan Penataan Ari Bersih, PUPR Malut Segera Bentuk Lembaga SPAM di Sofifi


AKSESNEWS.COM, SOFIFI – Pemerintah Provinsi Maluku Utara melalui Dinas PUPR dalam dekat bakal membentuk lembaga Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) guna dapat mengelola kebutuhan air bersih untuk masyarakat yang tinggal di Sofifi, Ibukota provinsi Maluku Utara.

Hal ini disampaikan langsung oleh kepala Dinas Pekerjaan Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Saifuddin Djuba saat dikonfirmasi beberapa waktu lalu di Sofifi, Selasa (19/9/22).

Menurut Saifuddin, pembentukan lembaga SPAM dilakukan agar dalam pengelolaan lebih jelas siapa yang mengelola. Sebab, selama ini hanya kami (red, PUPR) yang kelola. Karena itu, ini adalah strategi awal dalam mengelola air bersih di Sofifi yang efektif.

“Lembaga SPAM itu bisa juga dalam bentuk PDAM atau dalam bentuk lembaga lainnya, tetapi tetap dikelola oleh provinsi, dan menurutnya pembentukan ini sangat penting. Karena itu, akan segera didorong dalam anggaran perubahan tahun ini, “ujarnya.

Mantan Penjabat Bupati Halmahera Barat ini mengatakan bahwa, soal air bersih ini menjadi prioritas, karena menjadi kebutuhan masyarakat disini.

Apalagi dengan kehadiran lembaga vertikal yang suda mulai beraktivitas dan para pegawai yang mulai tinggal di Sofifi, terutama Polda Maluku Utara dan beberapa lembaga lainnya.

Selain pembentukan SPMA, Dinas PUPR Maluku Utara di tahun 2023 akan mengusulkan perbaikan terhadap jaringan pipa air didalam Ibukota Sofifi, dan termasuk perbaikan pipa induk yang berada di kali Oba.

“Untuk perbaikan pipa dalam kota karena jaringan pipa yang sudah berusia lama didalam kota yang sudah tidak layak karena banyak bocor, “bebernya.

Safrudin menambahkan, ia juga berencana untuk menghubungkan jaringan pipa air dari wilayah Sofifi ke arah Kabupaten Halmahera Barat, supaya terhubung menjadi satu regional di dua kabupaten/kota, “pungkasnya. (*)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Susunan Berita