Peringati Hari Kartini, DPPPA Malut Bersama OASE Gelar Apresiasi Perempuan Inspiratif

Maluku Utara25 views

AKSESNEWS.COM, TERNATE – Pemerintah Provinsi Maluku Utara (Malut) melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak bersama Organisasi Aksi Era (OASE) Kabinet Indonesia Maju menggelar kegiatan apresiasi perempuan Inspiratif di Maluku Utara.

Kegiatan yang berlangsung di Royal Resto Ternate, Selasa (23/5/2023), dalam rangka memperingati hari Kartini tahun 2023 dengan menghadirkan 10 perempuan berjasa dan berprestasi dari kabupaten/kota Malut.

Kepala Dinas PPPA Malut, Musrifah Alhadar menyampaikan bahwa tahapan demi tahapan dalam pemberian penghargaan perempuan berjasa dan berprestasi di daerah kabupaten/kota seluruh Indonesia ini untuk merayakan Hari Kartini ke 145, tahun 2023.

Dikatakan jika alur penetapan calon penerima penghargaan perempuan berjasa dan berprestasi di daerah kabupaten/kota seluruh Indonesia dimulai dari penetapan syarat penerima penghargaan.

Kemudian penyampaian persyaratan, penyampaian data diri dari provinsi, verifikasi dari Ditjen OTDA (Direktorat Jenderal Otonomi Daerah), validasi penetapan penerima penghargaan dan perwakilan penerima penghargaan.

Lanjutnya menyebutkan, bahwa pemberian penghargaan ini dibagi dalam beberapa bidang, meliputi bidang pendidikan, bidang kesehatan, bidang sosial budaya, bidang lingkungan hidup, dan bidang pertanian.

Menurutnya, maksud dan tujuan kegiatan penghargaan berjasa dan berprestasi di daerah kabupaten/kota seluruh Indonesia pada tahun 2023 adalah dalam rangka memperingati Hari Kartini ke 145.

“Pemberian penghargaan yang dilakukan pada hari ini, sebagai wujud pemerintah hadir dalam memberikan apresiasi kepada perempuan yang berjasa dan berprestasi pada bidang-bidang tertentu,” kata Kadis PPPA Malut.

Dia bilang, hal tersebut diatas agar dapat mendorong kinerja dan memotivasi perempuan berperan aktif disegala bidang kehidupan dalam mengabdi kepada masyarakat.

Sementara itu, untuk kategori penilaiannya terdiri dari, perseorangan perempuan WNI yang memiliki KTP Indonesia dan bekerja di kabupaten terkait, dari Keluarga tidak mampu, diutamakan yang bekerja di daerah terpencil, terluar dan perbatasan negara, bukan ASN daerah/TNI/Polri, ketua/anggota DPRD, bukan pejabat dan bukan istri pejabat dan mendapat pengakuan dari masyarakat, “pungkasnya.

Adapun nama-nama perwakilan perempuan berjasa dan berprestasi di kabupaten/kota se Provinsi Maluku Utara diantaranya :

1. Mirna Abd Rahman Bidang Kesehatan asal Kabupaten Halmahera Barat.
2. Nursanti Dahlan Bidang Kesehatan asal Kabupaten Halmahera Timur.
3. Kiki Tandi Sala, Bidang Lingkungan Hdup asal Kabupaten Halmahera Utara.
4. Lisma Arjuna Bidang Lingkungan Hidup asal Kabupaten Pulau Taliabu.
5. Mardia Latif Bidang Pendidikan asal Kabupaten Kepulauan Sula.
6. Rosita Hamja Bidang Pendidikan asal Kota Tidore Kepulauan.
7. Anisa Hi. Adam Bidang Pertanian asal Kabupaten Halmahera Selatan.
8. Aisah Mun Bidang Pertanian asal Kota Ternate.
9. Nurjanah Bidang Sosial Budaya asal Kabupaten Halmahera Tengah.
10. Julyati Muhammad Bidang Sosial Budaya asal Kabupaten Pulau Morotai.

Diketahui, kegiatan ini dihadiri Gubernur Malut K.H Abdul Gani Kasuba, perwakilan Ditjen Otda para pimpinan OPD Pemprov Malut dan perwakilan pejabat dari 10 kabupaten/kota se Provinsi Malut. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *