Menparekraf Respon Tiga Misi Gubernur Maluku Utara Tentang Eco Edu Festival Widi

Maluku Utara113 views

AKSESNEWS.COM, JAKARTA – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno memberikan respon positif terhadap paparan konsep dan program Eco Edu Festival Kepulauan Widi yang dipresentasikan Founder Widi Coastal Nazla Kasuba bersama Gubernur Maluku Utara, Abdul Gani Kasuba di Ruang Rapat Menparekraf, Gedung Kemenkeraf Jakarta, Senin (19/06/23).

Gubernur Maluku Utara dalam pertemuan tersebut mengatakan Kepulauan Widi merupakan gugusan pulau yang indah di wilayah Maluku Utara dan sudah sering digunakan sebagai tempat kegiatan promosi Pariwisata berskala Nasional dan Internasional.

Bahkan, promosi Kepulauan Widi juga tidak hanya dilakukan Pemerintah provinsi dan kabupaten melainkan salah satu investor dari Amerika juga sedang membangun kerjasama dengan Pemerintah daerah untuk mengembangkan Widi sebagai kawasan Wisata bertaraf Internassional.

Dalam pertemuan tersebut, Gubernur Malut dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mengikuti paparan Tim Lembaga Widi Coastal yang digawangi Nazla Kasuba.

Sementara, Founder Widi Coastal Nazla Kasuba menjelaskan Widi Coastal membawa Tiga misi yakni Misi Konservasi Alam, Pendidikan dan Pemberdayaan.

Kata Nazla, untuk Misi Konservasi Alam, Widi Coastal melaksanakan strategi komprehensif untuk melindungi ekosistem laut yang rapuh dan hutan di Widi, dengan penekanan khusus pada penanggulangan penangkapan ikan illegal dan restorasi terumbu karang yang rusak.

“Jadi, berbagai program dan Inisiatif kita akan lakukan untuk memulihkan terumbu karang yang rusak, melawan aktivitas penangkapan ikan illegal, dan mempromosikan praktik penangkapan ikan berkelanjutan, ” kata Nazla.

Sementara, untuk Pendidikan, Widi Coastal mengembangkan dan menyelenggarakan program edukasi yang berdampak, melibatkan masyarakat lokal dan wisatawan, untuk meningkatkan kesadaran tentang pentingnya konservasi lingkungan dan praktik berkelanjutan.

“kita juga mengembangkan program pendidikan interaktif untuk sekolah, pemerintah, masyarakat, dan wisatawan. Tujuannya adalah untuk membangun rasa tanggung jawab dan kepemilikan di antara semua pemangku kepentingan, ” lanjut Nazla.

Dan, Misi Pemberdayaan, Widi Coastal berkolaborasi dengan masyarakat lokal, menyediakan pelatihan dan peluang untuk mempromosikan mata pencaharian berkelanjutan melalui kegiatan pariwisata yang ramah lingkungan.

Ia berkeinginan Widi Coastal dapat bersinergi dengan Pemerintah Provinsi Maluku Utara dan Kemenperkraf dalam sejumlah program pengembangan Pariwisata termasuk pengembangan Kepulauan Widi.

Ikut hadir dalam pertemuan tersebut, ketua tim penggerak PKK Hj Faoniah Kasuba, Kepala dinas Pariwisata Tahmid Wahab, Kepala Badan Penghubung Jakarta, K.R.N.S Lestari dan Tim Widi Coastal Cris Syamsudin. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *