Latsar CPNS Golongan II Dan III Resmi Ditutup Wali Kota

Tidore30 views

AKSESNEWS.COM, TIDORE – Sebanyak 236 peserta Pelatihan Dasar (Latsar) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Golongan II dan Golongan III di Lingkungan Pemerintah Daerah Kota Tidore Kepulauan resmi ditutup oleh Walikota Kota Tidore Kepulauan Capt H.Ali Ibrahim, di Gedung Mina Asrama Haji Ternate Selasa (27/6/2023).

Mengawali sambutannya Walikota Tidore Kepulauan Capt H.Ali Ibrahim mengucapkan selamat kepada para CPNS yang telah berhasil mengikuti seluruh tahapan Pelatihan Dasar (LATSAR). Maka dari itu, ilmu dan pengalaman yang telah didapatkan selama mengikuti pelatihan dasar, hendaknya diresapi dan diaktualisasikan dalam menjalankan tugas sebagai abdi negara dan pelayan masyarakat.

“LATSAR ini merupakan perwujudan upaya kita bersama dalam mengembangkan kompetensi sumber daya aparatur. Kompetensi tersebut adalah kemampuan dalam menguasai secara teknis bidang tugasnya, kemampuan dalam menempatkan kode etik, dan kemampuan komitmen dalam pelaksanaan tugas jabatannya” tutur Ali Ibrahim.

Lanjut Ali Ibrahim untuk membangun Kota Tidore Kepulauan ke depan, membutuhkan pikiran, tenaga serta kolaborasi dari semua pihak, termasuk kita semua didalamnya. Dengan satu harapan bersama yakni untuk Terwujudnya Masyarakat Sejahtera, Menuju Tidore Jang Foloi, dapat kita capai dan dapat berkelanjutan.

“Saya yakin dan percaya, para CPNS Kota Tidore Kepulauan yang telah mengikuti Pelatihan Dasar pada hari ini, memiliki kualitas terbaik, karena ASN Kota Tidore Kepulauan adalah ASN yang professional dengan disiplin sebagai komitmen harga mati” Tutup Ali Ibrahim.

Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Provinsi Maluku Utara diwakili Muksin Rufai dalam sambutannya mengatakan dilaksanakannya pelatihan dasar CPNS, dimana CPNS wajib menjalani masa percobaan selama satu tahun, dan diwajibkan untuk mengikuti pelatihan dasar yang hanya diikuti satu kali, hal ini sejalan dengan tuntutan reformasi birokrasi yaitu suatu upaya untuk menciptakan ASN yang berintegritas tinggi sehingga meningkat kualitas birokrasi.

Muksin Rufai juga berpesan kepada seluruh peserta pelatihan ini agar learning spirit atau semangat belajar yang telah dibangun selama mengikuti latsar ini terus dirawat, ibarat bayi yang terus belajar berjalan walaupun terus jatuh tapi semangat bayi tidak pernah pupus untuk berusaha agar bisa berjalan.

Sementara Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM Kota Tidore Kepulauan Rusdy Thamrin dalan laporannya mengatakan tujuan dari kegiatan ini membentuk CPNS Profesional yang berkarakter dibentuk oleh sikap perilaku bela negara, nilai-nilai dasar PNS dan peran PNS dalam NKRI, serta menguasai bidang tugasnya dan perannya secara professional sebagai pelayan masyarakat.

Peserta Latsar CPNS golongan II dan III berasal dari Lingkup Pemerintah Daerah Kota Tidore Kepulauan berjumlah 236 peserta dengan rincian golongan III sebanyak 87 dan golongan II sebanyak 149.

Kegiatan latsar CPNS dilaksanakan selama 51 hari kerja dengan rincian 21 hari kerja untuk pembelajaran klasikal dan 30 hari kerja untuk pembelajaran non klasikal. Dilaksanakan pada tanggal 2 Mei 2023 sampai dengan 27 Juni 2023 bertempat Asrama Haji Ternate dan Hotel Ayu Lestari, serta pelaksanaan aktualisasi di unit kerja peserta instansi Kota Tidore Kepulauan.

Acara penutupan ditandai dengan pelepasan atribut peserta dan dilanjutkan dengan penyerahan piagam penghargaan peserta terbaik masing- masing kelas latsar CPNS golongan III dan II Kota Tidore Kepulauan Sebagai berikut. Kelas A Rangking 1. drg Ayu Wahyuni Sampara 2. Safril Dukomalamo 3. Supriyanto Wanboko,Kelas B Rangking 1. Zakiah Bakri 2. Arif Mustafa 3. Fahreza Sudirman, Kelas C Rangking 1. Raman Hamid 2. Rukmini Umahuk 3. Nurwidya Yanuarti Bastian, Kelas D Rangking 1. Sugandi Ali 2. Rahayu Djawa 3. Asrul F Tuara, Kelas E Rangking 1. Mohamad Ramli 2. Taufik M.S. Bangsa 3. Nur Asma Abdullah, Kelas F Rangking 1. Bactiar Fahri 2. Dewi Sartika 3. dr. Nurul Prihatini dan piagam penghargaan Majalah Terbaik diantaranya Kelas A. Selfiandriyani, Kelas B. Rahma Wati Ruamdaul, Kelas C. Anak Agung Anom Dirgayusa Naraputra, Kelas D. Adam Aditya Pradana, Kelas E. Rahmat Udin, Kelas F Desma Mahmud serta Pesan dan Kesan yang disampaikan oleh peserta Terbaik atas nama Bahtiar Fahri.(HMS/NT)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *