Kelurahan Bobo Lolos Pada Tahapan Klarifikasi Lapangan

Tidore41 views

AKSESNEWS.COM, TIDORE – Lolos pada tahapan klarifikasi lapangan Lomba Desa dan Kelurahan Tingkat Provinsi Maluku Utara Tahun 2023, Kelurahan Bobo Kecamatan Tidore Utara Kota Tidore Kepulauan mewakili Provinsi Maluku Utara pada tahapan Kalrifikasi Lapangan dalam rangka Penilaian Lomba Desa dan Kelurahan Tingkat Regional IV Tahun 2023 oleh Tim Klarifikasi Lapangan dari Dirjen Bina Pemerintahan Desa Kemedagri, di Kelurahan Bobo, Selasa (18/7/2023).

Turut hadir mendampingi tim klarifikasi lapangan, Staf Ahli Walikota Bidang Hukum, Politik dan Pemerintahan, Marjan Djumati, mewakili Kepala Dinas PMD Provinsi Maluku Utara, Anwar Lifran, Mewakili Kepala Dinas PMD Kota Tidore Kepulauan, Ketua III TP PKK Kota Tidore Kepulauan, Kepala Kecamatan Tidore Utara, serta Lurah Bobo dan para Lurah se Kecamatan Tidore Utara.

Dalam kesempatan tersebut, mewakili Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Provinsi Maluku Utara, Anwar Lifran dalam sambutannya mengatakan, Pemerintah Provinsi Maluku Utara, Pemerintah Kota Tidore Kepulauan, Pemerintah Kecamatan Tidore Utara dan Pemerintah Kelurahan Bobo bersama jajaran sangat mengharapkan agar proses klarifikasi lapangan yang dilaksanakan kali ini, bisa mempunyai kesan tersendiri bagi tim klarifikasi lapangan.

“Kami titipkan jika sebentar nanti pada saat klarifikasi lapangan, apabila terdapat hal-hal yang masih kurang, agar disampaikan kepada kami untuk dapat dilengkapi, dan sedianya apabila kelengkapan itu sudah ada, kami titipkan kepada tim untuk menyampaikan hasil yang maksimal kepada tim penilai di Jakarta, dalam rangka pemaparan tim klarifikasi lapangan kepada tim penilai,” tutur Anwar.

Lebih lanjut, Anwar mengatakan, mudah-mudahan hasil kerja tim klarifikasi lapangan yang nanti disampaikan kepada tim penilai pusat, Kelurahan Bobo Kota Tidore Kepulauan yang mewakili Provinsi Maluku Utara, bisa bersaing dengan kelurahan lain di Wilayah Regional IV.

“Selama ini track record Provinsi Maluku Utara hanya bisa menyabet peringkat kedua, belum pernah menyabet peringkat pertama, tapi dengan optimisme yang tinggi, saya ingin menyampaikan bahwa insyaAllah Tahun 2023, Kelurahan Bobo yang mewakili Provinsi Maluku Utara bisa menyabet peringkat pertama tingkat regional IV,” Imbuh Anwar.

Tak lupa, ia juga menyampaikan atensi dan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh jajaran tim yang berkenan hadir di Kelurahan Bobo, juga kepada Pemerintah Kota Tidore Kepulauan, Pemerintah Kecamatan dan Pemerintah Kelurahan Bobo atas partisipasinya sehingga pelaksanaan klarifikasi lapangan ini bisa berjalan dengan lancar.

Senada, Koordinator Tim Klarifikasi Lapangan, Kustiyaman saat membacakan arahan Dirjen Bina Pemerintah Desa, menyampaikan selamat kepada Kelurahan Bobo yang telah berhasil menjadi nominasi 3 terbaik di Wilayah Regional IV, semua itu berkat kerja keras mulai Kelurahan, Kecamatan, Kota hingga Provinsi Maluku Utara.

“Lomba Desa Kelurahan merupakan salah satu bentuk evaluasi, untuk melihat perkembangan Desa Kelurahan dalam penyelenggaraan Pemerintahan, Kewilayahan dan Kemasyarakatan yang dilakukan secara berjenjang, mulai dari tingkat Kecamatan, Kabupaten/Kota sampai dengan tingkat regional atau pusat yang diawali oleh evaluasi diri Desa atau Kelurahan masing-masing,” Ucap Kustiyaman.

Kustiyaman menambahkan, sekitar 76.265 Desa serta 8.000 Kelurahan itu setiap tahunnya antara bulan Januari hingga Februari melakukan evaluasi diri, ini merupakan Penilaian Lomba Desa Kelurahan Tahun 2023 dengan penekanan pada inovasi yang dilakukan oleh Kelurahan, pada tata kelola penyelenggaraan Pemerintahan, Pemanfaatan Potensi dan Sumber Daya yang dimiliki serta Penanganan Dinamika Social menyambut perhelatan Pemilu serentak 2024 dan lain sebagainya.

“Penilaian lomba dilaksanakan mulai dari tahapan administrasi, klarifikasi yang sedang kita laksanakan, kemudian pemaparan Lurah dan Kepala Desa di Jakarta, baru nanti masuk pada tahapan penetapan juara, klarifikasi lapangan yang dilaksanakan saat ini untuk melihat kesesuaian data dan informasi berdasarkan dokumen hasil penilaian administrasi dengan kondisi ril yang ada di lapangan,” Ujar Kustiyaman.

Sebagai informasi, ada 3 Kelurahan di wilayah regional IV yang mengikuti pelaksanaan klarifikasi lapangan lomba Desa Kelurahan Tahun 2023 yaitu; Kelurahan Lewirato Kec. Mpunda Kota Bina Prov. Nusa Tenggara Barat, Kelurahan Bobo, Kec. Tidore Utara Kota Tidore Kepulauan Prov. Maluku Utara, dan Kelurahan Danaweria Kec. Fakfak Tengah Kabupaten Fakfak Prov. Papua Barat.(HMS/NT)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *