Himpaudi Kota Tidore Kepulauan Gelar Festival Edukasi Aku Suka Makan Ikan

Tidore33 views

AKSESNEWS.COM, TIDORE – Dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional ke 39 dan HUT HIMPAUDI ke 18, sekaligus menyongsong HUT ke 78 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2023, HIMPAUDI Kota Tidore Kepulauan menggelar Festival Edukasi Aku Suka Makan Ikan melalui Lomba Kostum Ikan yang pusatkan di Pelataran Pantai Tugulufa, Sabtu (5/8/2023).

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Wakil Walikota Tidore Kepulauan, Muhammad Sinen didampingi Forkopimda Kota Tidore Kepulauan, Staf Ahli dan Para Asisten Sekda, Bunda PAUD Kota Tidore Kepulauan, Ketua Pokja Bunda PAUD Kota Tidore Kepulauan, Pimpinan OPD dan Pimpinan BUMN/BUMD se Kota Tidore Kepulauan.

Wakil Walikota Tidore Kepulauan, Muhammad Sinen dalam sambutannya mengatakan dengan lomba seperti ini akan menjadi sebuah cerita untuk generasi penerus, bahwa untuk merayakan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia dapat dirayakan dengan kegiatan Edukasi Aku Suka Makan Ikan, dimana daerah kita terkenal dengan sumber daya lautnya yang melimpah seperti ikan.

“Oleh karena itu apresiasi kami berikan kepada Panitia Pelaksana beserta HIMPAUDI Kota Tidore Kepulauan yang telah mewujudkan lomba kreatif pada hari ini. Kami juga berharap kegiatan ini dapat menjadi stimulan peningkatan konsumsi ikan yang akan turut membantu meningkatkan pemasaran produksi para nelayan di Kota Tidore Kepulauan,” Tutur Muhammad Sinen.

Orang nomor dua di Kota Tidore Kepulauan ini menambahkan, kandungan gizi yang terkandung pada Ikan, sangat baik untuk pertumbuhan otak, selain terjangkau, makan ikan juga memiliki banyak manfaat, salah satunya mencegah stunting dan anak kekurangan gizi. Saat ini Pemerintah Pusat dan Daerah pun sedang bergiat untuk menurunkan Stunting dengan target Zero Stunting 2024.

“Selaku Ketua Tim Percepatan Penurunan Stunting Kota Tidore Kepulauan, kami bangga dengan kegiatan yang kreatif ini, tidak hanya mengumpulkan anak-anak dalam kegembiraan, namun juga memberikan sebuah edukasi yang baik untuk gemar makan ikan, dan saya optimis bahwa Harapan besar atas target yang kita inginkan tahun depan dapat terwujud,” Imbuh Muhammad Sinen.

Mengakhiri sambutannya, Wakil Walikota Tidore Kepulauan dua periode ini mengajak masyarakat untuk mengkonsumsi ikan agar dapat mencegah stunting dan menciptakan generasi yang sehat, kuat dan cerdas demi mewujudkan Tidore Jang Foloi.

Sementara, Ketua Panitia Pelaksana, Nurlely Ismail dalam laporannya mengatakan, Kegiatan festival dan kreativitas ini akan menjadi kegiatan rutinitas PAUD Kota Tidore Kepulauan, kegiatan kreativitas ini dilaksanakan di dua titik, yaitu di Pulau Tidore dengan pesertanya PAUD di 4 Kecamatan Pulau Tidore, dan di Daratan Oba akan dilaksanakan pada tanggal 15 Agustus 2023 berpusat di Gedung Serbaguna Desa Balbar Oba Utara, dengan pesertanya TK dan PAUD 4 Kecamatan di Daratan Oba.

“Tema kegiatan ini, edukasi pencegahan stunting melalui festival kostum ikan dan lomba cipta menu berbahan dasar ikan serta lomba kerativitas siswa PAUD. Jumlah peserta kostum ikan 400 orang ditambah dengan peserta pendukung sebanyak 50 orang, jumlahg keseluruhan 450 orang. Sementara peserta lomba kreativitas terdiri dari lomba asmaul husna 23 anak, hafalan surat pendek 25 anak, lomba adzan 22 anak dan tarian kreasi 14 anak,” Ucap Nurlely.(HMS/NT)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *