Cegah Bullying di Lingkungan Sekolah, DPPPA Malut Lakukan Sosialisasi pencegahan

Maluku Utara, Ragam1,051 views

AKSESNEWS.COM, SOFIFI – Untuk mencegah maraknya kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPA) Provinsi Maluku Utara mengelar Sosialisasi Cegah Kekerasan Terhadap Anak di Lingkungan Sekolah Tahun 2024.

Sosialisasi ini dilakukan sebagai langkah upaya menekan aksi kekerasan dan bullying di sekolah dapat ditekan. Hal ini disampaikan Kepala Dinas PPPA Provinsi Maluku Utara, Hj. Musrifah Alhadar, Jumat (19/7/24) di Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Ternate.



“Alhamdulillah, sosialisasi ini mendapat respon positif dari para siswa-siswi dan bahkan sangat antusias terlihat dari semangat berdialog atau tanya jawab dengan para narasumber dan begitu juga dengan para guru, “katanya.

Saat membuka kegiatan tersebut, Musrifah Alhadar, juga mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu upaya untuk melindungi hak-hak anak, memberikan rasa aman dan keadilan, sehingga mereka dapat tumbuh, dan berkembang dengan optimal, produktif, berprestasi, berdaya saing tinggi serta berperan aktif dalam pembangunan.

Kata Musrifah menjelaskan, saat marak terjadi kekerasan pada anak-anak dan pelajar yang mengakibatkan terganggunya ketenangan dan kedamaian masyarakat, sehingga berujung pada ketimpangan dan disharmonisasi sosial.

Oleh karena itu, upaya melindungi perempuan dan anak membutuhkan kerja sama, koordinasi, dan kolaborasi seluruh pihak terkait, yaitu antara pemerintah pusat dan Pemerintah Daerah, Sekolah, lembaga masyarakat, media massa, dunia usaha, keluarga, maupun komunitas.

Sementara itu, Kepala Sekolah Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Ternate, Talib ajid, juga mengucapkan terima kasih kepada Dinas PPPA Maluku Utara. Hal ini kerena melalui proses sosialisasi ini bisa memberikan edukasi kepada para siswa sehingga dapat mengurangi kekerasan dan bullying.

“Semoga kegiatan seperti ini di bisa dilakukan di tahun berikutnya sehingga berkelanjutan pada generasi berikut, “tutupnya.

Sebelumnya, Ketua Panitia Kegiatan Sosialisasi Cegah Kekerasan Terhadap Anak Di Lingkungan Sekolah, Zairinah Djamaluddin menyampaikan, sosialisasi tersebut bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan siswa/siswi, guru, tenaga pendidik, wali murid dan masyarakat tentang kekerasan terhadap anak dan pencegah terjadinya kekerasan terhadap anak.

Selain itu, kegiatan ini juga diharapkan bisa memberikan pemahaman kepada siswa tentang arti pentingnya peran siswa/siswi, guru, tenaga pendidik, wali murid dan masyarakat dalam pencegahan terjadinya kekerasan pada anak.

Untuk diketahui, Kegiatan Ini juga mengundang narasumber dari Kanit PPA Polda Malut AKP. Rian Permana Putra, SIK. MH dan psikologi klinis, Khairunnisa, M.pSi.

Untuk diketahui, kegiatan ini diikuti peserta sebanyak 200 orang yang terdiri dari para siswa/siswi, para wali murid, guru dan tenaga pendidik. (at)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *