Optimalkan Pelayanan Kesehatan di Masyarakat, PKM Tosa Luncurkan Dua Program Inovasi Kesehatan

Tidore97 views

AKSESNEWS.COM, TIDORE – Upaya dalam mengoptimalkan pelayanan kesehatan di Masyarakat Kecamatan Tidore Timur, Puskesmas Tosa luncurkan 2 (dua) program inovasi baru yakni Inovasi Jus Jambu(Jumat seribu untuk jambanmu) dan Patroli Bumirah (Pantau dan kontrol ibu hamil di rumah).

Kepala Puskesmas Tosa Maulisna Anhar, saat ditemui mengatakan, dengan 2 (dua) inovasi ini kami dari Puskesmas Tosa ingin semaksimal mungkin mewujudkan pelayanan prima bagi masyarakat di Kecamatan Tidore Timur Kota Tidore Kepulauan.

“Dengan inovasi Jus Jambu dan Patroli Bumirah ini merupakan bentuk upaya preventif kami dengan basis pemberdayaan masyarakat,” tutur Maulisna saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu, (24/7/2024)

Maulisna bilang, gagasan Jumat Seribu untuk Jambanmu (Jus Jambu) muncul pada tahun 2022 berdasarkan data akhir 2021 masih terdapat beberapa kepala keluarga di Kecamatan Tidore Timur yang belum memiliki jamban pribadi.

“Kecamatan Tidore Timur memiliki 4 kelurahan yang sudah ODF ( Open Defecation Free) atau  Bebas Buang  Air Besar Sembarangan yakni Tosa, Kalaodi, Cobodoe dan Dowora dan 3 terdapat Kelurahan yang belum ODF yakni Mafututu, jikocobo dan doyado. Dengan adanya inovasi jus jambu ini pada bulan November tahun 2023, 3 kelurahan yang belum ODF  sudah menjadi kelurahan ODF sehingga kecamatan Tidore Timur adalah satu-satunnya kecamatan di Kota Tidore Kepulauan yang sudah ODF atau Bebas buang air besar sembarangan,” Jelas Lisna.

Lanjut Lisna, sementara untuk inovasi Partoli Bumirah (Pantau dan kontrol ibu hamil di rumah) digagas pada tahun 2023 karena masih tingginya angka ibu hamil Resiko Tinggi (Kekurangan Energi  Kronis (KEK), Preeklampsia dan Diabetes Melitus (DM) dan Anemia).

“Dengan adanya inovasi ini harapan kami semua ibu hamil yang beresiko dapat terpantau dan dilayani sesuai standar ANC (Antenatal Care). Alhamdulillah inovasi Jus Jambu dan Patroli Bumirah masih  tetap berlanjut hingga saat ini dan Puskesmas Tosa akan terus berupaya untuk menggali ide-ide demi mewujudkan masyarakat Tidore Timur yang sehat,” kata Lisna mengakhiri.(NT)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *