228 Pelaku UMK Kota Tidore Terima Bantuan Sarana Usaha Dari Pemda

Tidore179 views

AKSESNEWS.COM, TIDORE – Sebanyak 228 Pelaku Usaha Mikro dan Kecil menerima bantuan sarana usaha yang bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kota Tidore Kepulauan yang melekat pada Dinas Perindagkop dan UKM, bantuan yang terdiri dari 10 paket pengadaan senilai Rp. 1,7 Milyar tersebut diserahkan langsung secara simbolis oleh Wali Kota Tidore Kepulauan Capt H. Ali Ibrahim, di Aula Gedung Pusat Layanan Usaha Terpadu, Jum’at (26/7/2024).

Dalam sambutannya, Ali Ibrahim berharap dengan peralatan bantuan sarana usaha yang dibagikan ini,  dapat meningkatan motivasi kerja, produktivitas dan daya saing produk-produk UMKM, serta dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat di Kota Tidore Kepulauan. Wali Kota Tidore Kepulauan dua periode ini juga berpesan agar sarana usaha yang diberikan dapat dijaga dan dimanfaatkan sebaik-baiknya.

“Bantuan peralatan diserahkan berupa sarana usaha, harus dijaga dengan baik agar tetap bersih sehingga dapat digunakan dalam jangka waktu panjang. Jangan memindahtangankan, apalagi menjual peralatan tersebut kepada pihak lain tanpa sepengetahuan Dinas Perindagkop dan UKM, kami berharap semoga bantuan sarana usaha yang diberikan dapat bermanfaat dengan baik kepada seluruh Pelaku UMKM yang menerimanya,” Ungkapnya.

Sementara, Plt. Kepala Dinas Perindagkop dan UKM, Dra. Selvia M. Nur dalam laporannya menyampaikan, tujuan dari program ini adalah untuk memberikan manfaat bagi pelaku UMKM dalam mengembangkan usahanya, meningkatkan kemampuan UMKM menjadi usaha yang Tangguh dan mandiri, sehingga strategi Pemerintah dalam pemberdayaan UMKM dapat naik kelas, serta mewujudkan struktur perekonomian yang seimbang, berkembang dan berkeadilan.

Selvia mengatakan, bantuan yang terdiri dari 10 paket pengadaan ini senilai Rp. 1,7 Milyar, bersumber dari APBD Kota Tidore Kepulauan Tahun 2024. Jumlah Pelaku Usaha Mikro dan Kecil yang akan menerima bantuan sebanyak 228 orang, terdiri dari; 62 UMK Pertukangan, 1 UMK Jasa Perbengkelan, 28 Pedagang Ikan berupa Cool Box 220 Liter, 26 Payung Tenda untuk Pedagang Musiman, 24 Tenda Tenti untuk UMK/Pedagang Kue.

1 Mesin Giling Daging untuk Pedagang Bakso, 2 Komputer untuk IKM Rumah Produksi VCO, 3 Mesin Pengupas, Pengiris dan Penggoreng Bawang untuk IKM Bawang Goreng, 10 UMK Jasa Catering, 18 UMK Aneka Kripik Kemasan dalam bentuk mesin parut kasbi, 58 Mesin Roti 3,5 dan 15 Liter untuk pelaku IKM Pembuat Roti.

Turut hadir dalam penyerahan bantuan sarana usaha ini, Asisten Sekda Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Taher Husain, Ketua TP PKK Kota Tidore Kepulauan, Hj. Safia Ali Ibrahim, Ketua III TP PKK Kota Tidore Ferawati Abdurrahman Arsyad dan Ketua Dharma Wanita Persatuan Kota Tidore Kepulauan Hj. Nuraen Ismail Dukomalamo.(HMS)

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *