Dilema Mamsyarakat Akesai terkait Aktivitas Perusahan, Wawali Bersilaturahmi Dengan Masyarakat Akesai

Tidore23 views

AKSESNEWS.COM, TIDORE – Wakil Walikota Tidore Kepulauan Muhammad Sinen bersilaturahmi dengan masyarakat Desa Akesai, Kecamatan Oba Tengah, di Aula Kantor Desa Akesai, Sabtu (20/8/2022).

Pertemuan antara Pemerintah Daerah dengan Masyarakat Akesai ini terkait dengan dilema masyarakat tentang aktivitas perusahaan PT. Sanatova Anugerah yang bakal beroperasi di Oba Tengah. Pertemuan tersebut juga menghadirkan pihak PT. Sanatova Anugerah yang berdiskusi langsung dengan Pemerintah Daerah dan masyarakat Desa Akesai.

Dalam kesempatan tersebut, Wakil Walikota Tidore Kepulauan Muhammad Sinen mengatakan, jika kehadiran PT Sanatova ini nantinya merugikan masyarakat di lingkar tambang maka harus dihentikan.

” karena kehadiran suatu perusahaan di Daerah ini kita melihat dari dua aspek yakni mudaratnya dan manfaatnya pada masyarakat, jika mudaratnya lebih besar dan manfaatnya sangat kecil untuk masyarakat maka ini saya langsung menolaknya, namun kehadiran PT Sanatova ini nantinya membawa manfaat untuk masyarakat kedepan maka kami pemerintah Daerah sangat mendukung karena demi kepentingan banyak orang.” kata Muhammad sinen

Muhammad Sinen juga menegaskan, jika nantinya perusahaan ini sudah beroperasi di Oba tengah, hal-hal yang terkait dengan teknis recruitmen tenaga kerja harus diperuntukan oleh masyarakat lingkar tambang dan masyarakat Kota Tidore pada umumnya.

“jika perusahaan ini nantinya akan beroperasi saya minta kepada pihak PT Sanatova agar merecruitmen tenaga kerja harus orang Tidore atau masyarakat lingkar tambang dulu baru recruitmen untuk masyarakat luar Maluku utara.” Tegas Muhammad Sinen

Lanjutnya, apa yang nantinya menjadi keputusan pada hari ini harus memberikan manfaat untuk masyarakat Desa Akesai kedepan dan saya tidak mau merugikan masyarakat Desa Akesai karena semua ini menginginkan yang terbaik buat masyarakat kedepan. namun saya juga berharap agar ketika jalan yang ada di Desa Akesai ini nantinya dikasih oleh masyarakat untuk PT Sanatova ini gunakan agar dapat dilihat untuk diperbaiki lebih baik lagi sehingga masyarakat juga dapat menikmati apa yang telah disepakati hari ini.

Sementara, Pihak PT Sanatova Anugrah Hariyono mengatakan, PT Sanatova ini telah berada di oba tengah sudah hampir 12 Tahun.

“ kehadiran kami sudah sekitar 12 Tahun di Kota Tidore khususnya di Kecamatan Oba tengah ini, kami melakukan ekplorasi tambang emas ini jika kedepan nanti ada emas di oba tengah ini kami akan membuka begitu banyak peluang tenaga kerja sehingga itu peluang besar untuk para masyarakat di lingkar tambang maupun masyarakat Kota Tidore Kepulauan.”Kata Hariyono

Hariyono juga meminta dukungan agar masyarakat Kota Tidore khususnya Desa Akesai agar bergandeng tangan untuk sama-sama membangun Kota Tidore khususnya Oba tengah ini dengan kehadiran PT. Sanatova ini sendiri menjadi peluang.

“karena masih kurang lebih 38 Tahun lagi PT. Sanatova ini akan beroperasi di Tidore sehingga berapa ribu tenaga kerja yang nantinya akan kami recruitmen ketika masyarakat mau membuka diri dan bersama-sama dengan kami untuk menerima kehadiran PT Sanatova ini dengan harapan tidak lagi masalah dikemudian hari.” Harap Hariyono

Perlu diketahui, akhir dari pertemuan ini menghasilkan sebuah kesepakatan bersama antara Pihak PT Sanatova Anugerah dengan pemilik Lahan jalan menuju lokasi eksplorasi tambang emas di Desa Akesai, Kecamatan Oba Tengah bahwa tanah milik masyarakat akan dibayar Rp. 30.000,00 (tiga puluh Ribu Rupiah) per meter persegi, namun jika lahan tersebut terdapat tanaman maka pihak PT Sanatova akan membayar tanah dan tanaman yang dimiliki masyarakat.

Turut Hadir, Ketua DPRD Kota Tidore Kepulauan Ahmad Ishak, Pihak PT. Sanatova Anugerah, Pimpinan OPD, Camat Oba Tengah dan masyarakat Desa Akesai.(Hms/NT)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *