Pj Gubernur Malut Optimis Desa Yayasan Juara Karena Penguji Lomba Desa Nasional Puji Kinerja Kades 

Jakarta4 views

AKSESNEWS.COM, JAKARTA – Paparan materi singkat Kepala Desa (Kades) Yayasan Kecamatan Morotai Selatan Kabupaten Pulau Morotai Rasdi Dano Masud dalam rangka Lomba Desa dan Kelurahan Tingkat Nasional Tahun 2024 (Di Regional I,II, III dan IV) menuai pujian Lima Tim Penguji dan Pj Gubernur Maluku Utara Drs. Samsuddin Abdul Kadir di lantai 4 Gedung C Direktorat Jenderal Pemerintahan Desa Jakarta, 18 September 2024.

Pj Gubernur Maluku Utara Samsuddin Abdul Kadir, dihadapan para penguji mengatakan desa Yayasan membutuhkan seorang kepala desa seperti saudara Rasdi Dano Masud karena ditangan kades tersebut desa yang berada di pusat kota Morotai ternyata mampu menjadi desa terbaik di Malut dan menjadi perwakilan desa pada lomba desa dan kelurahan Tingkat nasional.

Pj Gubernur Malut mengapresiasi dan optimis dengan ide Kades yang ingin terus memperkuat pengembangan Sumber Daya Masyarakat (SDM) walaupun di desa tersebut masyarakatnya banyak PNS dan pedagang.

“Jadi disitu (Masyarakat Desa Yayasan) banyak PNS dan pedagang dan sepertinya sulit untuk diatur namun kepala desa mampu menjembatani semua elemen dan bisa mengembangkan desa Yayasan menjadi desa terbaik di Maluku Utara dan mewakili Malut di Lomba Desa tingkat Nasional, “kata Pj Gubernur Malut.

Diketahui, Dalam paparannya, selain memaparkan kondisi Geografis, demografi dan sosiologi Masyarakat, Kades Yayasan menjelaskan sejumlah inovasi unggulan yang kemudian menjadi sebuah kesatuan dalam memajukan desa Yayasan dan terpilih menjadi desa terbaik di Maluku Utara. sejumlah inovasi tersebut adalah Gerakan Wajib Baca 10 menit, pelayanan cepat 10 menit, pelayanan digital dan Pendidikan non formal seperti Rumah baca Kreatif, Tanggap Bencana, Berdebat (Bersama Desa Bersih dan Sehat), Pelestarian lingkungan dan produk Jantan (Jahe Instan).

Paparan tersebut mampu menuai pujian dari Lima tim penguji dan berharap kepala desa Yayasan dapat terus mengembangkan program inovatif selama memimpin desa Yayasan.

 

Kades juga menaruh harapan kepada pemerintah pusat dalam hal ini kementerian desa dan kementerian lain yang pernah membangun kerjasama dapat terus memberikan atensi lebih guna menyukseskan program yang yang sedang berjalan di desa yayasan.

Ikut hadir dalam presentasi Lomba Desa Tingkat Nasional, Sekda Pulau Morotai M. Umar Ali, Plt Kepala PMD Provinsi Maluku Utara Abdul, Kepala Biro Adpim Malut Rahwan K Suamba, Kepala Badan Penghubung K.R.N.S Lestari dan sejumlah pegawai PMD Provinsi dan Kabupaten Pulau Morotai. (Adm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *