oleh

Lantik Ketua Mabicab Halsel, Ketua Kwarda : Ingatkan Pengurus Lakukan Kerja Keras Untuk Pramuka di Halsel

Suasana Pelantikan Bupati Halsel menjadi Ketua Mabicab Kabupaten Halmahera Selatan. (Foto: pita)


AKSENEWS.COM, HALSEL – Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Provinsi Maluku Utara, Muhammad Abusama resmi melantik Bupati Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel) H. Usman Sidik sebagai Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Gerakan Pramuka Kwartir Halmahera Selatan beserta anggota pengurus masa bhakti 2019-2024.

Pelantikan tersebut berlangsung berdasarkan SK Nomor 26 Tahun 2021, yang berlangsung di Aula Kantor Bupati Halsel, Sabtu (2/10/21).

Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Provinsi Malut, Muhammad Abusama dalam sambutannya menjelaskan bahwa Gerakan Pramuka sebagai gerakan pendidikan pada jalur pendakian non formal merupakan bagian yang tidak terpisahkan dengan sistem pendidikan, dimana akan terus berkesinambungan yang merupakan gerakan kepanduan nasional gerakan Indonesia pada masa lampau.

Menurutnya, gerakan ini bertujuan untuk menumbuhkan tunas bangsa menjadi generasi muda yang berkepribadian, berwatak dan berbudi luhur serta memiliki kecerdasan dan keterampilan yang tinggi secara jasmaninya serta bermanfaat bagi masyarakat yang ada di sekitarnya,”jelasnya.

Untuk menghasilkan tujuan tersebut, maka gerakan Pramuka diarahkan dalam berbagai program berupa pendidikan mental dan kepribadian, keterampilan serta karya bakti untuk membantu masyarakat dalam bidang kelestarian lingkungan hidup, maupun gerakan perekonomian keluarga, kesehatan dan pendidikan serta bidang sosial budaya.


Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Provinsi Maluku Utara, Muhammad Abusama (Foto: Pita)

Mantan Sekertaris Kwartir Cabang
Halsel tiga (3) periode itu, kepada Bupati selaku Ketua Mabicab dikesempatan itu menyampaikan sejumlah aset milik Mabicab di Halsel yang sudah semasa nya dan telah di bangun di Desa Omamoi. Dimana, tempat tersebut adalah pusat pendidikan dan pelatihan Gerakan Pramuka.

Selain itu, Kata Muhammad Abudama, ditempat tersebut juga ada asrama putra dan asrama putri yang ada di Omamoi, Panamboang Halsel, dengan luas areal kurang lebih 17 hektar dan itu akan jadikan sebagai pusat pendidikan dan pelatihan.

Disamping itu, Kwartir daerah juga telah melakukan kerjasama dengan Kesultanan Bacaan. Hasil kerjasama tersebut, Kesultanan saat ini telah menghibahkan tanah untuk perkemahan seluas 60 hektar yang ada di Ahakolano.

Untuk itu, membutuhkan kerja keras kita untuk bagaimana menjalankan program organisasi Gerakan Pramuka guna dapat berjalan dengan baik. Karena itu, Saya kira kita harus terpusat. Hal ini agar Pramuka yang ada di Halsel dapat berkembang.

Olehnya itu, Lanjut Muhamad Abudama mengucapkan selamat bertugas untuk ketua Mabicab dan seluruh pengurus Mabicab Halsel serta Ketua dan pengurus Kwartir Cabang Halsel yang baru dilantik.

“Semoga dengan kerja keras kita semua Pramuka di Kabupaten Halsel akan lebih maju dan lebih sukses sekaligus mendapat menjadi contoh untuk Kwartir cabang lain yang ada di dalam pembinaan dan pengembangan gerakan Pramuka di Malut.

Apalagi kita telah mendapatkan pelayanan khusus untuk Kwartir cabang Halsel di masa itu dan kami terdahulu, kita telah berhasil mendapatkan penilaian di Malut adalah sebagai Kwartir cabang tergiat di Kwatir daerah Malut.

Olehnya itu, kami berharap kepada pengurus Cabang Kwartir yang baru dilantik agar supaya dapat melanjutkan dan lebih memaksimalkan pembinaan pembinaan Pramuka yang ada di Halsel.

Sebelum mengakhiri ini, Saya mengajak untuk selalu bekerja sama dalam organisasi Gerakan Pramuka demi untuk generasi bangsa yang lebih baik di masa yang akan datang, “ajaknya.

“Satu Pramuka untuk satu Indonesia, jayalah Indonesia, satu Pramuka untuk satu Maluku Utara, jayalah Maluku Utara, satu Pramuka untuk satu satu Halmahera Selatan maka jayalah Halmahera Selatan, “pungkasnya.

Sementara, Bupati Halsel H. Usman Sidik selaku ketua Mabicab dalam sambutannya mengucapkan selamat datang kepada ketua kwartir Malut di Bumi Saruma, Kabupaten Halsel.

Alhamdulillah, kami telah menyelesaikan prosesi pelantikan dan pengukuhan ketua dan wakil ketua Mabicab beserta para pengurus cabang gerakan Pramuka Halsel dan pengurus Cabang.

Menurut Usman, tantangan gerakan Pramuka cukup berat dan beragam terutama di era globalisasi. Saat ini telah terjadi pergeseran, dimana generasi generasi muda mulai meninggalkan gerakan Pramuka dan lebih tertarik pada kegiatan kegiatan lain, bahkan tidak jarang melakukan hal-hal yang kurang bermanfaat.

Olehnya itu, untuk mengembalikan kejayaan gerakan Pramuka bukanlah pekerjaan ringan, namun tantangan tersebut harus menjadi pemacu dan menumbuhkan semangat kita untuk berupaya semaksimal mungkin guna memajukan Pramuka di Halsel.

Usman berjanji untuk mendukung penuh kegiatan Pramuka di Halsel, baik dalam bentuk spritual, moral maupun material untuk mewujudkan gerakan Pramuka menjadi manusia yang berkarakter, mampu berkarya, dan berdaya saing dan peduli.

Selaku Ketua Mabicab Gerakan Pramuka, saya minta kepada pimpinan satuan (satuan daerah) yaitu saka bhayangkara dijajaran polres Halsel, Saka Wira Kartika di jajaran kodim 1509 Labuha, Saka Bakti Husada Dinas Kesehatan, Saka Bahari di Jajaran angkatan laut, saka taruna Bumi di Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, Saka Widya Budaya Bhakti dinas pendidikan dan kebudayaan, Saka Kencana Bimas P3KB serta saka Dirgantara Danmal Bhakti di jajaran masing-masing.

Mulai saat ini, diaktifkan kembali dan mempersiapkan Pamong saka pelatihan dan instrukturnya serta keterampilan khusus berdasarkan tugas dan fungsi dari satuan masing masing.

Atas nama pribadi dan pemerintah daerah serta Ketua Mabicab Gerakan Pramuka, saya mengucapkan terima kasih serta memberikan penghargaan yang setinggi-tingginya untuk seluruh jajaran pengurus Mabicab dan Kwatir Cabang Pramuka Halsel masa bakti 2016 – 2021 yang telah banyak memberikan pengabdian dan kerja keras bagi kemajuan Pramuka di Kabupaten Halsel,”pungkasnya. (S)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Susunan Berita