Prajurit Lanal Morotai Bersama SAR Gabungan Evakuasi Penumpang KMP Ngafi yang kandas


AKSESNEWS.COM, Morotai – Prajurit Pangkalan TNI AL Morotai bersama Pos SAR Morotai dan ASDP melakukan evakuasi penumpang KMP Ngafi yang kandas.

Dari data yang di terima, disebutkan bahwa kapal tersebut kandas pada koordinat 2° 0′ 50,868” N dan 128°16’48,246″ E, sekitar 20 meter dibelakang garis pantai Juanga, tepatnya di belakang Lanal Morotai, Desa Juanga, Selasa (8/3/22).

Komandan Pangkalan TNI AL Morotai Letkol Laut (P) Amin Wibowo, mengatakan Setelah mendapat laporan langsung perintahkan Prajurit beserta Alpung Lanal Morotai melaksanakan Evakuasi Penumpang KM. Ngafi.

“Alhamdulillah atas usaha gabungan Prajurit Lanal, Basarnas Morotai, dan ASDP kita berhasil evakuasi seluruh Penumpang berjumlah 215 Jiwa yang terdiri dari 193 Dewasa, 15 anak anak dan 7 Bayi. ke Pelabuhan Fery setempat di Juanga dengan selamat,” kata Amin.

Dalam melaksanakan evakuasi Gabungan, Lanal Morotai melibatkan 1 Sekoci RIP dan 1 Sekoci Fiber, sedangkan Basarnas 2 unit perahu karet serta ASDP menggunakan KMP Kolorai.


Suasana evakuasi penumpang KMP Ngafi yang kandas di Morotai

Selain penumpang, KMP Ngafi juga membawa muatan kendaraan berjumlah 42 Unit campuran roda 2, roda 4 dan roda 6.

“Saat ini masih berada di kapal, serta sebelumnya sudah di laksanakan upaya penarikan KMP Ngafi oleh KM Glory Falen namun belum berhasil, kemudian akan di upayakan kembali penarikan menunggu Air laut Pasang tertinggi pada malam hari, “jelas Letkol Laut (P) Amin Wibowo.

KMP Ngafi/Gt.380 dinahkodai oleh Asmin Mansur dengan jumlah ABK sebanyak 23 orang yang berangkat dari Tobelo, Kabupaten Halmahera Utara pukul 08.40 WIT dengan tujuan Dermaga feri Desa Juanga.

Namun Pukul 12.20 WIT saat akan sandar dan manuver di Pelabuhan Fery desa Juanga mengalami trabel pada kemudi otomatis serta Kemudi Manual gagal dikendalikan sehingga terbawa arus dan kandas. (IK/A)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *