Satgas TMMD Ke 113 Kodim 1505 Tidore Ajak Warga Lestarikan Laut

Maluku Utara48 views

AKSESNEWS.COM, TIDORE – Dalam rangka menunjang berbagai kegiatan tak hanya berfokus pada pembangunan fisik melainkan juga kegiatan non fisik.

Jum’at (20/5/22), TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 113 Kodim 1505 Tidore bekerjasama dengan Dinas Perikanan dan Kelautan Kota Tidore Kepulauan mengelar kegiatan sosialisasi terkait perikanan dan kelautan,
bertempat di Aula Kantor Desa Akesai, Kecamatan Oba Tengah, Kota Tidore Kepulauan.

Sosialisasi ini langsung dihadiri oleh Dan SSK Satgas TMMD ke 113 Kodim 1505/Tidore, Kapten Inf Andri Gusti Wijaya, Djabarudin Namsa selaku Narasumber, Sekdes Akesai, Risaman M. Ali, Babinsa Desa Akesai dan dihadiri
masyarakat setempat.

Salah satu petugas dari Dinas Perikanan dan Kelautan Kota Tidore Kepulauan, Djabarudin Namsa menjelaskan bahwa ada beberapa poin yang perlu diperhatikan dalam menunjang kegiatan di sektor perikanan, “ungkapnya.

“Perlu saya sampaikan bahwa, pengembangan disektor perikanan dan kelautan di kota Tikep ini cukup tinggi, seperti halnya untuk di Desa Akesai ini banyak kegiatan yang berkonsentrasi pada perikanan tangkap. Sementara untuk disektor budidaya masih sedikit, “ujar Djabaruddin.

Dikatakan, pemanfaatan pada sektor perikanan di Kota Tidore Kepulauan tahun ini cukup tinggi, karena untuk kegiatan perikanan tangkap di Maluku Utara ini, terdapat 80 persen armada kegiatan perikanan tangkap yang terbanyak Maluku Utara adalah di wilayah kota Tidore kepulauan, “ungkapnya.

Lanjut Djabaruddin, diwilayah Kota Tidore ini masih sangat minim untuk kegiatan budidaya ikan, masyarakatnya cenderung dengan kegiatan perikanan tangkap, “sebutnya.

Oleh sebab itu, hal Ini menjadi tanggung jawab besar Dinas Perikanan dan Kelautan untuk bisa menyediakan prasananya untuk masyarakat khususnya didesa Akesai ini, “jelasnya.

Dalam hal ini, Djabarudin juga memaparkan tentang cara budidaya ikan sekaligus untuk menjaga lingkungan laut Kota Tidore yang sangat indah dan menghasilkan ikan yang banyak serta menghimbau kepada Seluruh masyarakat untuk menjaga kelestarian laut Kota Tidore Kepulauan, “ucapnya.

Cara membudidayakan ikan laut karena ikan sebagai salah satu makanan utama bagi masyarakat maluku utara dan menjanjikan bagi para pengusaha yang ingin menekuni di bidang tersebut.

Dalam hal tersebut Dan SSK Satgas TMMD Kapten Inf Andri Gusti Wijaya, menyampaikan bahwa laut yang berada di Kota Tidore ini sangat dianugerahi, dengan berbagai jenis ikan dengan jumlah yang sangat banyak, “ungkapnya.

“Dan SSK TMMD menghimbau kepada masyarakat untuk menjaga lingkungan laut seperti tidak membuang sampah kelaut, tidak merusak karang laut, dan pengambilan ikan harus sesuai dengan yang diarahkan oleh pihak dari dinas Perikanan dan Kelautan Kota Tidore, “tutupnya. (rls/red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *