Tingkatkan Sinergitas Antar OPD di Malut, Sri Hatari Buat Proper SIMORE KLIKBANG

Maluku Utara29 views

AKSESNEWS.COM, TERNATE – Sudah menjadi tugas penting setiap organisasi perangkat daerah (OPD) untuk menciptakan berbagai program guna mewujudkan visi dan misi Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku Utara (Malut) dalam meningkatkan inovasi pembangunan daerah.

Karena itu, setiap organisasi perangkat daerah (OPD) harus saling bersinergi dalam penyamaan persepsi, komitmen
bersama untuk pelaksanaan berbagai kegiatan sehingga menghasilkan inovasi yang lebih efektif, efisiensi dan akuntabel.



Hal itulah yang menjadi gagasan utama proyek perubahan peserta Pendidikan Kepemimpinan Tingkat II (PKN II) LAN Makassar, Sri Haryani Hatari, dengan judul SIMORE KLIKBANG.

SIMORE KLIKBANG sendiri merupakan singkatan dari sinergitas, monitoring dan koordinasi lingkup ekonomi pembangunan.

Sri yang juga Asisten II Setda Malut ini menilai kondisi pemerintahan saat ini masih ada berbagai hal yang perlu disinergikan, bahkan masih ada OPD terkait lingkup ekonomi pembangunan.


Sri Haryani Hatari. (istimewa)

Masalahnya, kata Sri, belum adanya wadah sinergitas koordinasi yang dilingkup OPD ekonomi pembangunan, yang juga merupakan bidang tugasnya sebagai Asisten II.

“Sehingga saya mencoba dengan adanya juga instruksi Presiden bahwa sistem pemerintahan berbasis elektronik. Oleh karena itu, saya coba meramu, membuat suatu wadah atau forum koordinasi berbasis website,”ungkap Sri disela-sela FGD, Proper SIMORE KLIKBANG di Jati Hotel Ternate, Senin (29/8/2022) yang dibuka oleh Sekretaris Daerah Drs. Samsuddin A Kadir.

Pihaknya juga telah membentuk Vokal Poin Simore (FPS) atau admin dari masing-masing OPD lingkup ekonomi pembangunan. FPS ini akan dibina oleh tim IT SIMORE KLIKBANG agar memahami fitur-fitur dan cara menginput data ke sistem.

Didampingi terdapat informasi terkait program atau kegiatan OPD, sistem tersebut juga menyediakan fitur forum yang digunakan untuk pertemuan online antar OPD.

Menariknya lagi, dengan sistem ini masyarakat akan dengan mudah mengakses informasi dan memberikan masukan terkait program atau kegiatan OPD.

“Hasil pertemuan dalam fitur forum itu baru kita ekspos lagi supaya masyarakat bisa lihat bahwa OPD ini sebenarnya buat kegiatan ini,”imbuhnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *