Komunitas Pinggir Pante Adakan Penanaman Terumbu Karang

Tidore21 views

AKSESNEWS.COM, TIDORE – Pesisir dan laut di Kota Tidore Kepulauan menyimpan potensi kekayaan dan sumber daya alam yang melimpah. Untuk itu Komunitas Pinggir Pante melaksanakan kegiatan penanaman terumbu karang dengan harapan mampu membudayakan masyarakat nelayan dalam menggunakan alat tangkap yang ramah lingkungan dalam menangkap ikan, serta mempromosikan kegiatan ini agar kedepannya menjadi lebih baik dan lebih besar.

Demikian sambutan tertulis Wakil Walikota Tidore Kepulauan yang dibacakan Staf Ahli Walikota Bidang Ekonomi, Pembangunan dan Keuangan Abdul Hakim Adjam pada pembukaan kegiatan Transplantasi Terumbu Karang yang diselenggarakan oleh Komunitas Pinggir Pante Kelurahan Soadara Kota Tidore Kepulauan, Sabtu (25/2/2023) pagi.

Abdul Hakim Adjam juga menambahkan, untuk menumbuhkan kesadaran bersama, maka baik pemerintah maupun masyarakat serta komunitas pecinta Pantai harus memiliki rasa kepedulian serta gerakan nyata, untuk itu kegiatan penanaman terumbu karang ini hendaknya menjadi salah satu langkah strategis kedepan demi terwujudnya kemandirian Kota Tidore Kepulauan sebagi jasa berbasis agro marine.

Di kesempatan yang sama, Sekretaris Persatuan Olahraga Selam seluruh Indonesia Kota Tidore Roni Alting juga mengatakan, transplantasi terumbu karang untuk mengkonservasi terumbu karang yang telah rusak demi dapat terciptanya kelestarian lingkungan laut serta untuk menanam kembali bibit terumbu karang agar terjadi regenerasi terumbu karang yang baru. Terumbu karang menjadi tempat hidup ikan sebagai sumber pangan, sebagai pelindung pesisir dan pantai, dan sarana rekreasi. Semakin banyak yang peduli, laut kian terjaga.

Sementara, Ketua Panitia Mardiansyah A.Karim dalam laporannya mengatakan tujuan dari kegiatan ini untuk mendorong partisipasi masyarakat pesisir dan nelayan dalam menjaga dan melindungi kelestarian laut serta sebagai even promosi wisata bahari Kota Tidore Kepulauan.

Kegiatan ini juga dilanjutkan dengan penyerahan media tanam terumbu karang secara simbolis oleh Staf Ahli Walikota Bidang Ekonomi, Pembangunan dan Keuangan Abdul Hakim Adjam kepada Ketua Panitia Mardiansyah A.Karim. (HMS/NT)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *