Wakili Gubernur, Asisten III Setda Malut Harap Atlet PERBAKIN Bisa Raih Pertasi Internasional

Maluku Utara19 views

AKSESNEWS.COM, TERNATE – Mewakili Gubernur, Asisten III Bidang Administrasi Umum Setda Provinsi Maluku Utara (Malut), Asrul Gailea, menghadiri sekaligus membacakan sambutan Gubernur pada acara pelantikan pengurus PERBAKIN Malut periode 2022-2026, di Pendopo Kesultanan Ternate, Rabu (14/6/23).

Dirinya menyampaikan, Perbakin sebagai salah satu organisasi yang berfokus  menjadi wadah bagi para penggiat olahraga menembak, menjadi atlet yang berprestasi dan bertalenta.

“Dengan dilantiknya pengurus Perbakin ini akan mendukung pembinaan atlet-atlet kita untuk berkembang  menjadi penembak yang handal, sehingga dapat melahirkan generasi atlet yang siap bersaing dengan daerah lain,” ungkapnya.

Dirinya berharap,  agar kedepan atlet menembak dari Maluku Utara  dapat menoreh prestasinya dengan baik. Untuk itu seluruh pengurus agar dapat menjalankan tugas dengan kesungguhan, keikhlasan dan semangat kebersamaan, kekompakan untuk mengantarkan para atlet-atlet Maluku Utara membawa nama daerah  dikancah nasional dan internasional.

“Semoga dengan pelantikan ini bisa membangkitkan kinerja positif, kreatif serta inovatif. Dan yang tidak kalah penting adalah koordinasi dalam mengembangkan olahraga menembak kearah yang lebih baik lagi,” pintanya.

Sementara itu Ketua Umum PB Perbakin, Letjen TNI (Purn) Joni Supriyanto, mengatakan bahwa pengurus olahraga itu intinya adalah atletnya harus juara. Sehebat apapun pengurus, kalau atletnya tidak juara, itu hanya menjadi sia-sia (ngomong-ngomong aja itu). Jadi semua pengurus harus berpikir atletnya harus juara.

Menurutnya, saat ini PB Perbakin sedang mempersiapkan untuk mensukseskan penyelenggaraan Asian Youth Training
and Coach Camp Air Rifle yang akan berlangsung pada 1 sampai 11 Juli mendatang.

“Selain itu PB Perbakin juga tengah mempersiapkan program Pelatnas dan Binlat untuk menghadapi Asian Games 2023 di Hangzou China dan memperebutkan Quota Olympic Paris Prancis 2024,” katanya.

Dalam skala nasional, seluruh Pengprov Perbakin terus memacu diri dalam perebutan tiket PON di Aceh Sumatera Utara 2024, sebagaimana yang kita ketahui bahwa ada 270 kuota  yang diperebutkan terdiri dari  250 kouta tembak  Sasaran dan  20 kuota tembak Reaksi.

“Saat ini di Senayan, kami mengadakan pola pelatihan terpusat, dimana atlet yang kami kumpul dari daerah sudah memenuhi MQS, akan digembleng dengan latihan inti seperti teknik, fisik  dan mentalnya, juga program suport seperti  kesehatan, psikologi,  rekreasi pendidikan dan tambahan gizi atlet,” akunya.

Dirinya melanjutkan, bagi Pengprov Perbakin Malut,  yang baru saja dilantik  segera melakukan pembinaan untuk dapat  berpartisipasi dalam event
nasional tersebut, karena keikutsertaan Cabor dalam multievent  menjadi kebanggan tersendiri  sebagai tolak ukur keberhasilan. Saya berharap, Perbakin Malut turut serta mendukung dan mempersiapkan para atletnya  mencapai prestasi yang maksimal.

Senada dengan itu, Sultan Ternate Hidayatullah Sjah, dalam sambutannya berharap agar Malut dapat menghasilkan atlet menembak yang handal bagi Indonesia, karena itu sarana dan prasarana harus disiapkan.

“Terkait dengan sarana dan prasarana itu, kami (pihak kesultanan Ternate) telah menghibahkan tanah seluas 5 hektare  yang berlokasi di Pulau Halmahera untuk dijadikan pusat pelatihan menembak. Olehnya itu, diharapkan kepada Ketum Perbakin Malut agar bisa bekerja sama dengan TNI dan Polri untuk mendidik masyarakat (para atlet) Malut cara tembak menembak dengan baik,” pintanya.

Sekadar diketahui, sebelum acara pelantikan pengurus Perbakin Malut dibawah kepemimpinan Zulkarnaen Soleman, yang tertuang  dalam Surat Keputusan SKEP No. 13/KU/PB/VIII/2022 tanggal 17 Agustus 2022 di Jakarta. Diawali dengan prosesi penganugrahan gelar perangkat adat kepada Ketum PB Perbakin Letjen TNI (Purn) Joni Supriyanto, oleh Sultan Ternate sebagai  Kapita Tabu Hongi Ma Bolote.

Hadir dalam acara itu, Asisten III Setda Malut, Ketum PB Perbakin, Sultan Ternate, Forkopimda Malut, perangkat adat Kesultanan Ternate dan pengurus Perbakin Malut. (Adpim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *