Sekda Malut Ungkap Pendidikan Berperan Strategis Dalam Menciptakan Pembangunan

Daerah20 views

AKSESNEWS.COM, TERNATE – Sekertaris Darah Provinsi Maluku Utara, Drs. Samsuddin A. Kadir secara resmi membuka acara Forum Komunikasi FKIP Se-Indonesia tahun 2023, ditandai dengan pemukulan tifa, bertempat di Gamalama Ballroom Sahid Bela, Kamis (6/7/23).

Kegiatan ini dihadiri oleh labih dari 34 Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan se-Indonesia dan mencapai 349 peserta yang nantinya akan membahas mengenai dunia pendidikan, kegiatan ini berlangsung dari 6 -8 Juli 2023

Gubernur Maluku Utara dalam sambutanya yang dibacakan oleh Sekertaris Daerah, mengatakan, bahwa Pendidikan memegang peran strategis dalam usaha untuk menciptakan pembangunan yang lebih baik dan berbudaya. Dalam rangka mencetak tenaga pendidik yang berkualitas, FKIP harus menyiapkan berbagai hal mulai dari arah kebijakan, kurikulum, peningkatan kualitas pembelajaran sampai dengan menyediakan fasilitas sarana prasarana yang memadai.

Sebagai wadah perhimpunan Pimpinan FKIP Negeri se-Indonesia, forum ini juga adalah sarana komunikasi dan koordinasi pimpinan FKIP dalam menyusun Rekomendasi atas penyelenggaraan Pendidikan Guru,”ungkap Sekda.

Lebih lanjut Sekda menyampaikan, bahwa Forum Komunikasi ini juga adalah mitra bagi Asosiasi Profesi Guru untuk memberikan rekomendasi terhadap penyelenggaraan Pendidikan Profesi Guru dan menjamin Standarisasi penyelenggaraan Pendidikan Guru dan Pendidikan Profesi Guru.

Sekda juga berharap agar Forum ini bukan hanya sarana Silaturrahim Pimpinan FKIP Se-Indonesia tapi juga sebagai momentum yang tepat untuk membahas isu-isu penting yang terkait dengan permasalahan pendidikan di negara ini dan strategi dan langkah langkah solusinya.

“Harapan kita bersama bahwa melalui momentum silaturrahim hari ini sinergitas itu dapat diwujudkan, sebab semua pimpinan FKIP yang hadir di forum ini dapat berbagi pengalaman dan pengetahuan serta langkah langkah strategis yang sudah pernah dilakukan untuk menyelesaikan persoalan di institusi masing-masing,”terangnya

Kami menyadari belum banyak yang bisa kami berikan, tapi Pemerintah Maluku Utara akan selalu hadir untuk mendukung sepenuhnya setiap program yang berimplikasi pada peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia di Daerah ini,”ucap Sekda.

Dirinya menjelaskan, bahwa sesuai dengan Visi Misi Pemerintah pada poin pertama adalah Membangun Sumber Daya Manusia yang Sehat, Cerdas dan Berbudaya. Kesiapan Sumber Daya Manusia (SDM) yang cerdas, terdidik, terampil dan berdaya saing tinggi diharapkan mampu berkarya dan berpartisipasi dalam proses dan percepatan pembangunan di berbagai bidang di Maluku Utara.

Sementara itu, Ketua Forum Pimpinan FKIP Se-Indonesia, Prof. Dr. Mahdum, dalam sambutannya menyampaikan, bahwa forum ini akan membicarakan tentang kebijakan-kebijakan pendidikan di indonesia yang terfokus pada pendidikan profesi guru, karena di indonesia ini masalah kekurangan guru telah menjadi PR bagi kementrian dan daerah terpencil.

“Oleh karena itu dalam kegiatan ini kami akan dibahas tentang hap-hal yang berhubungan dengan kebijakan profesi guru, baik guru dalam jabatan maupun pra jabatan,”ujarnya.

Lebih lanjut Ia katakan, bahwa forum ini merupakan wadah bagi pimpinam FKIP se indoneisa yang nantinya akan memberikan rekomendasi serta ide-ide kepada pemerintah mengenai kemajuan pendidikan di indonesia.

Selama ini, lanjut Prof. Mahdum, Forkom sudah melaksanakan NBKM, dan sampai hari ini sudah terlaksana sebanyak empat periode, pada periode yang pertama samapi periode yang ke empat sudah diikut oleh 19 FKIP Negeri se indonesia, dengan total 59 persen.

Pada bis yang pertama dengan jumlah mata kuliah yang diikuti dalam forkom ini sebanyak 622 mata kuliah, sementara jumlah peserta mahasiswa pada bis pertama yang mengikuti NBKM yakni 902 orang, sedangkan bis kedua sebanyak 1081 orang, bis yang ketiga 326 orang, serta pasa bis yang keempat berjumlah 657 orang,”ungkapnya.

Turut hadiri dalam acara tersebut, Forkopimda Malut, Direktur Inovasi Untuk Anak Sekolah Indonesia (Inovasi) Indonesia -Australia, Mark Heyward, P.hd, Rektor Unkhair, Dr.M.Ridha Ajam, Wakil Ketua Forkom FKIP Se-Indonesia, Sekertaris Forkom FKIP Se-Indonesia, Ketua Pengawas Forkom FKIP Se-Indonesia, para Guru Besar di lingkungan Unkhair Ternate, para dekan FKIP Negeri beserta unsur pimpinan se-indonesia, serta undangan lainya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *