Inovasi Ake, Manfaatkan Air Hujan Untuk Kehidupan

Tidore141 views

AKSESNEWS.COM, TIDORE – Keterbatasan air bersih merupakan permasalahan utama yang harus diatasi. letak kelurahan Folarora yang memiliki wilyah yang cukup terjal dengan ketinggian 400 mdpl membuat Kelurahan ini belum bisa di jangkau langsung oleh perusahaan air minum daerah (PDAM).

Untuk mengatasi krisis air bersih disaat musim kemarau, Pemerintah Kelurahan Folarora Melakukan sebuah inovasi AKE (air hujan untuk kehidupan) menyediakan bangunan penampung air hujan (bak penampung) dengan atap sebagai tempat tangkap hujan.

” jadi kita buat inovasi AKE ini untuk manfaatkan air hujan sebagai sebagai sumber kihidupan sekaligus menyediakan air bersih untuk kebutuhan sehari-hari masyarakat Folarora” jelas A. Rahim laha selaku Kepala kelurahan Folarora (17/7)

lanjutnya, dengan adanya inovasi ini mampu meningkatkan ketersedian sumberdaya air di Folaora serta mengurangi limpasan air hujan kawasan pegunungan di kota Tidore Kepulauan.

Lebih lanjut A. Rahim menjelaskan, Pemanfaatan air hujan ini juga akan di laporkan melalui aplikasi pemetaan pemanfaatan air hujan untuk mengontrol ataupun permasalahan pada penerapan Inovasi AKE ” air hujan untuk kehidupan ”

” kita juga akan monitoring untuk mengetahui sejauh mana dampak, perkembangan, pencapaian, maupun kendala yang di hadapi dalam pelaksanaan inovasi AKE ini” imbuhnya

Sebanyak 757 jiwa penduduk di wilayah folarora yang kurang lebih 10% belum memeliki penampungan air bersih sehingga membutuhkan perhatian serius bagi pemerintah kelurahan.

” kurang lebih 700 jiwa penduduk di kelurahan ini, dan kurang lebih juga 90% yang sudah memiliki bak penampung, tugas kami adalah bagaimana caranya agar yang belum memiliki bak ini juga bisa memiliki wadah penampungan juga untuk mencukupi kebutuhan sehari-harinya” tutur lurah

A.Rahim juga berjanji akan berupaya untuk mencari solusi kepada warga yang belum memiliki penampungan air agar juga memilikinya melalui usulan kelurahan ke dinas terkait atau melalui musrembang dan sebagainya.

” jadi melalui inovasi ini kita berupaya untuk mengusulkan ke dinas terkait atau musrembang agar disediakan penampungan air ke titik-titik tertentu yang bisa di jangkau oleh warga yang belum miliki penampungan air agar tercapainya AKE air sebagai sumber kehidupan” tutupnya (NT)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *