oleh

Dinas Koperasi dan UKM Malut Siapkan Tempat Bagi Pelaku UMKM Jelang STQ Nasional XXVI

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Malut, Wa Zaharia (Foto/Tiakoly)


SOFIFI – Dinas Koperasi dan UKM provinsi Maluku Utara memberikan kabar gembira bagi pelaku UMKM yang ingin berjualan saat berlangsungnya acara Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) tingkat Nasional ke-XXVI yang akan di Sofifi, Kota Tidore Kepulauan, Maluku Utara pada Oktober 2021 mendatang.

STQ Nasional ini bakal dihadiri oleh perwakilan 34 Provinsi di Indonesia, termasuk Maluku Utara yang saat ini tengah menggodok kafilahnya dengan target masuk tiga besar.

Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Maluku Utara sudah menetapkan sejumlah titik untuk dijadikan pusat belanja bagi peserta maupun pengunjung. Namun, bagi UMKM ada kriterianya untuk menempati tempat tersebut.

“Kami berikan ruang kepada semua UMKM di Maluku Utara, tapi diprioritaskan untuk yang berada di Ibu kota Sofifi,”ujar Kadis Koperasi dan UKM Malut, Wa Zaharia, Kamis (12/8/2021).

Wa Zaharia mengatakan, untuk stan depan kantor DPRD Malut yang saat ini ditempati oleh UMKM akan dibongkar dan ditempatkan 28 unit tenda. Dari jumlah itu, 20 unit merupakan sumbangan dari Dinas Perindag sementara 8 dari Dina Koperasi dan UKM.

Pihaknya juga menyiapkan 20 kontainer dan 20 gerobak disamping gedung PKK Provinsi Malut, berseberangan dengan Masjid Raya Sofifi, yang menjadi pusat pelaksanaan STQ Nasional ini.

Disamping itu, lanjut Wa Zaharia, ada 4 unit stan ditempatkan di pelabuhan Guraping, 3 stan di perumahan ASN I terdapat 3 unit yang dapat melayani para kafilah jika membutuhkan sesuatu. Selain itu, Pantai Wisata Desa Balbar dan Kelurahan Guraping juga bakal disediakan stan untuk UMKM.

“Secara total belum dapat kami simpulkan, nanti setelah lokasinya dibersihkan baru dapat diketahui berapa banyak UMKM yang dapat berjualan di event STQ Nasional ini,”jelasnya

Kadis Koperasi dan UKM menambahkan, dalam rangka mensukseskan acara nasional ini, pihaknya mengajak BUMN khususnya perbankan sebagai sponsor.

“Setelah itu disampaikan, kemudian dari pihak Bank Mandiri telah menyampaikan bahwa mereka siap, tetapi jumlah tersebut belum dapat dipastikan,”pungkasnya. (red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Susunan Berita