Hadirkan Listrik ke 7 Desa di Halmahera Utara, PLN Investasi Rp 3,6 Miliar

Berita28 views

Halmahera Utara – PLN berhasil menghadirkan listrik bagi 165 pelanggan di tujuh desa di Kabupaten Halmahera Barat, Provinsi Maluku Utara.

Dengan total investasi lebih dari Rp 3,6 miliar, PLN membangun jaringan tegangan menengah (JTM) sepanjang 28,6 kilometer sirkuit (kms) dan 12  gardu distribusi berkapasitas 625 kilovolt Ampere (kVA).

Adapun tujuh desa yang berhasil mendapatkan akses listrik di wilayah Kecamatan Loloda Utara ini antara lain Desa Darume, Doitia, Momojiu, Ngajam, Worimoi, Asimiro dan Apulea. Penyalaan listrik di tersebut  tujuh desa itu dilakukan secara simbolis pada 14 Agustus 2021.

Ir. Frans Manery, Bupati Halmahera Utara menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya dan ucapan terima kasih kepada PLN yang telah menjawab kebutuhan masyarakat di Halmahera Utara.

“Kami berkomitmen untuk selalu siap membantu PLN dalam melaksanakan program penyalaan listrik. Hal ini dilakukan semata-mata untuk memenuhi segala pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat sekaligus sebagai aksi strategis peningkatan ekonomi,” tuturnya.

Adams Yogasara, General Manager PLN Unit Induk Wilayah Maluku dan Maluku Utara (UIW MMU) berharap, kehadiran listrik dapat meningkatkan dan mendorong kegiatan ekonomi masyarakat di Kecamatan Loloda Utara, khususnya di 7 desa tersebut.

“Terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Halmahera Utara dan seluruh pemangku kepentingan dan masyarakat yang telah mendukung PLN untuk melistriki ke tujuh desa tersebut,” ujar Adams, Senin 16 Agustus 2021

“Kami akan memanfaatkan dengan baik akses listrik yang ada dengan menjaga dan merawat jaringan listrik PLN yang sudah terbangun agar selalu aman dan dapat berfungsi dengan baik, “kata Hamlet Kahingide, salah seorang warga Desa Darume.

Dengan berhasil dilistrikinya ke tujuh desa di Kecamatan Loloda Utara tersebut, berkontribusi dalam peningkatan Rasio Desa Berlistrik PLN di Kabupaten Halmahera Utara dari semula 93,5% menjadi 97% dan Rasio Desa Berlistrik PLN di Provinsi Maluku Utara dari semula 83,7% menjadi 84,3%.

Diketahui, dari total potensi 754 pelanggan yang akan menikmati listrik dari PLN di tujuh desa tersebut, 165 pelanggan di antaranya telah berhasil dinyalakan listriknya. (Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *