Launching Sentra Produksi Kelapa Putih, UD Tiga Putra Halmahera Buka Peluang Belajar Untuk Sekolah dan Kampus

Suasana peninjauan didalam oven tempat pengeringan  kelapa menjadi kelapa putih oleh Sekdaprov Malut Samsuddin A. Kadir (Pakai Kameja Putih)

SOFIFI – Pemerintah provinsi Maluku Utara (Malut) melalui Sekertaris Daerah Samsuddin A Kadir meresmikan sentra produksi buah kelapa menjadi kelapa putih yang bangun oleh UD. Tiga Putra Halmahera, bertempat di Desa Rioribati, Kecamatan Jailolo Selatan, Minggu (15/8/21).

Direktur PT. Tiga Putra Halmahera, Irwan Frasetyo, menjelaskan bahwa perusahaan yang dibangun ini memiliki konsentrasi terhadap pengolahan hasil alam khususnya untuk produksi kelapa buah menjadi kelapa putih dengan proses membakar melalui oven.

Dia menjelaskan, Selai produk utama kopra putih yang dihasilkan mereka juga menghasilkan minyak asap, dan juga arang tempurung yang diolah menjadi briket dalam sekali proses.

“Prodak utama yang kami produksi adalah kelapa kopra putih dan ini sudah melewati beberapa kali uji coba sampai tahap ketiga,”katanya.

Menurutnya, untuk menghasilkan kopra putih yang berkualitas setara dengan kualitas ekspor mereka membutuhkan pengoperasian oven selama 10 jam, dengan kadar air sangat kecil 4,8 persen saat ini.



Selain melakukan produksi, ia berharap usaha yang dijalankan ini juga dapat dimanfaatkan sebagai tempat belajar baik itu dari sekolah maupun mahasiswa yang ingin mengenal bagaimana cara pembuatan kelap kopra putih yang benar.

Sementara, Sekertaris Daerah Samsuddin A Kadir mengatakan bahwa ini merupakan suatu batu lompatan, dan sudah harusnya berlangsung sejak lama.

Mengingat, beberapa waktu lalu kita melihat bagaimana harga kelapa kopra hitam yang turun, disebabkan karena tidak memenuhi standar ekspor.

Hal ini sangat yang mempengaruhi proses kita secara umum dan petani kita khususnya di Malut sekitar 54 persen bergantung terhadap kelapa.

Saya yakin dan percaya bahwa ini sangat potensi untuk digerakkan di Malut. Dengan begitu, ini dapat menjadi satu langkah baik untuk menuju pada usaha yang lebih besar.

Olehnya itu, dirinya berharap perusahaan tersebut dapat berjalan dengan baik, semakin besar dan bahkan pemerintah sangat mendukung guna meningkatkan kesejahteraan terhadap masyarakat.

Usai melakukan peresmian, Sekertaris Daerah didampingi Direktur UD. Tiga Putra Halmahera Irwan Frasetyo dan Plt. Kepala Dinas Pertanian Ir. Nurjannah Ali, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Wa Zaharia, Kepala Biro Adpim Rahwan K. Suamba dan instansi vertikal lainya serta masyarakat setempat berjalan melihat bagaimana proses produksi pengolah buah kelapa menjadi kelapa putih. (Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *