Kanwil Kemenag Malut Gelar Dialog Kerukunan Intern Umat Kristen Malut

Maluku Utara36 views

SOFIFIKantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Maluku Utara (Malut) melalui Bidang Bimbingan Masyarakat Kristen menyelenggarakan kegiatan dialog Kerukunan Intern Umat Kristen se-Provinsi Malut.

Kegiatan tersebut dilaksanakan selama tiga hari mulai hari Rabu 8 September 2021 sampai dengan Jum’at 10 September 2021 di Hotel Moloka’i Jalan Pelabuhan No 31 Kecamatan Morotai Utara, Kabupaten Pulau Morotai.

Adapun maksud dan tujuan dilaksanakannya dialog kerukunan intern umat Kristen adalah sebagai salah satu upaya Pemerintah menjaga dan memperkuat kerukunan umat beragama terutama ditengah merebaknya pandemi Covid-19.

Kegiatan yang dihadiri oleh 32 peserta yang berasal dari perwakilan Tokoh Agama Kristen pada 10 Kab/Kota se Malut tersebut dibuka langsung oleh Kakanwil Kemenag Malut H. Sarbin Sehe.

Ikut mendampingi Kakanwil, Kepala Kankemenag Kab. Morotai H. Hasyim Hamzah, Kepala Bidang Bimas Kristen Hans Luther Tongo Tongo dan sejumlah Pejabat Eselon IV di lingkungan Kanwil maupun Kankemenag Kabupaten Pulau Morotai.

Dalam sambutannya Kakanwil mengatakan bahwa di tengah kemajemukan keyakinan, suku, budaya dan adat istiadat di Indonesia, akan selalu ada perbedaan yang berpotensi mengganggu keberlangsungan kerukunan.

Namun sesungguhnya perbedaan bukanlah penghalang dalam memupuk kehidupan rukun, toleran serta harmonis, baik secara internal maupun eksternal umat beragama.

Menurut Kakanwil di situlah pentingnya sebuah pemahaman terhadap makna peran dan fungsi umat beragama, yang hidup berdampingan satu sama lain dalam bingkai Bhineka Tunggal Ika.

Selain itu Kakanwil menjelaskan bahwa kerukunan merupakan syarat mutlak bagi kelancaran pembangunan mengisi kemerdekaan, oleh sebab itu kerukunan menjadi tanggung jawab bersama baik pemerintah maupun masyarakat.

H. Sarbin pada kesempatan tersebut juga mengajak pemuka agama, tokoh masyarakat dan pimpinan organisasi gereja Kristen untuk bersama-sama berperan dan berpartisipasi aktif dalam upaya peningkatan kerukunan hidup antar maupun internal umat beragama.

Salah satunya dengan meluruskan berita ataupun informasi hoaks yang berpotensi merusak kerukunan, kepada umatnya dengan harapan agar umat tidak termakan dan terombang-ambing dengan isu-isu tersebut.

Pada kesempatan itu juga, H. Sarbin mengajak seluruh peserta untuk dapat mensosialisasikan arti penting vaksin covid-19 kepada umat, sebagai upaya bersama lepas dari pandemi.

Masih di lokasi yang sama, Kabid Bimas Kristen Hans Luther TT kepada awak humas menjelaskan bahwa dengan dilaksanakannya kegiatan tersebut diharapkan akan membuahkan hasil berupa kesepakatan-kesepakatan serta ide-ide baru terkait upaya menjaga dan meningkatkan kerukunan internal umat Kristen khususnya di Provinsi Malut.

Selain itu Hans juga berharap usai dialog dilaksanakan, seluruh peserta semakin memahami moderasi beragama, dan mampu melaksanakan sebagai sikap perilaku dalam menghadapi perbedaan-perbedaan yang ada, khususnya di internal umat Kristen Malut itu sendiri.

 

Sumber : Kemenagmalut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *