oleh

PLN Siap Amankan Pasokan Listrik Jelang Pembukaan STQ Nasional XXVI di Sofifi


AKSESNEWS.COM, SOFIFI – Untuk mendukung suksesnya pelaksanaan kegiatan Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) Tingkat Nasional ke XXVI di Sofifi, Ibukota Provinsi Maluku Utara (Malut) pada 16 sampai 22 Oktober pekan depan, PT. PLN bakal menyiapkan 2 unit Uninterruptable Power Supply (UPS).

Kedua unit tersebut akan disediakan husus untuk Pembukaan STQN yang akan dilangsungkan di Masjid Raya Sofifi, dengan kapasitas 200 kilo volt ampere (kVA) , 4 unit gardu bergerak (UGB) berkapasitas 3 x 250 kVA dan 1 x 400 kVA serta 6 unit genset dengan kapasitas 100 kilo watt (kW) dan 250 kW.

Hal ini disampaikan General Manager PLN Unit Induk Wilayah Maluku dan Maluku Utara (UIW MMU), Adams Yogasara dalam keterangan persnya, Selasa, (6/10/2021).

Menurutnya, dalam rangka mendukung kesiapan STQN ke XXVI tersebut, PLN menyiapkan berbagai langkah pengamanan keandalan sistem kelistrikan dan juga infrastruktur kelistrikan pendukungnya.

Selain itu, PLN juga memperkuat keandalan pasokan kelistrikan dari saluran udara tegangan menengah (SUTM) pada sistem kelistrikan Sofifi sebagai backup sistem yang di supply dari PLTD Sofifi.

Ia mengatakan, pihaknya akan secara proaktif terus melakukan koordinasi dengan pihak Pemerintah Provinsi Malut serta Panitia Penyelenggaraan STQN ke XXVI, terutama terkait dengan pengamanan kelistrikan di lokasi-lokasi yang akan digunakan untuk kegiatan STQN di Sofifi.



“Kami siap untuk mengamankan pasokan kelistrikan saat kegiatan STQN ke XXVI di Sofifi, khususnya mulai dari kegiatan pembukaan sampai dengan penutupan perhelatan akbar ini serta kelistrikan di Sofifi secara umumnya selepas kegiatan ini berlangsung, “ujar Adams.

Bahkan, PLN juga akan mengerahkan 115 personil yang akan disebar ke enam lokasi pelaksanaan STQ Nasional tersebut yang akan bersiaga menjaga keandalan sistem kelistrikan sejak 7 sampai 24 Oktober 2021.

Adams menambahkan, secara keseluruhan PLN menyediakan 3 unit UPS masing-masing berkapasitas 100 kVA sebanyak 1 unit dan 200 kVa sebanyak 2 unit, 5 unit UGB berkapasitas 250 hingga 400 kVA serta 12 genset berkapasitas 48 kW hingga 250 kW yang akan ditempatkan di masing masing venue STQN.

PLN juga memastikan ketersediaan pasokan listrik di Sofifi cukup. Saat ini sistem kelistrikan Sofifi memiliki daya mampu sebesar 9,9 Megawatt (MW) dengan beban puncak 5,8 MW sehingga terdapat cadangan daya 4,1 MW. Sementara beban puncak kelistrikan selama gelaran STQ diprediksi mencapai 7,2 MW. (red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Susunan Berita