Mendekati Pemilu dan Pilkada serentak tahun 2024, Ini Kata Ketua Bawaslu Tikep

Maluku Utara38 views

AKSESNEWS.COM, TIDORE –  Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Tidore Kepulauan (Tikep) Bahrudin Tosofu mengajak penyandang disabilitas untuk ikut serta dalam mengawasi jalannya Pemilu dan Pilkada serentak tahun 2024 di Kota Tikep.

Menurutnya, hal tersebut merupakan bentuk perhatian kita semua, dan terutama kami Bawaslu akan terus berupaya agar pemilih disabilitas memiliki hak yang sama dengan pemilih nondisabilitas.

Dimana, seperti kita ketahui untuk pemilih disabilitas itu banyak hambatan yang mereka alami, dan itu perlu dipahami dan direspon oleh kita semua, “ujar Bahrudi Tosofu saat memberikan sambutan pada pembukaan kegiatan Sosialisasi Pemahaman Kepemiluan Bagi Pemilih yang Inklusi Bagi Disabilitas di Kota Tidore pada Selasa (15/3/2022) di Aula SMALB Kota Tikep.

“Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dalam rangka mengajak penyandang disabilitas untuk sadar akan hak dan kewajibannya sebagai pemilih,” tutur Bahrudin Tosofu.

Bahrudin bilang, dengan adanya sosialisasi tersebut diharapkan dapat memberikan pemahaman kepada mereka terkait hak dan kewajiban dalam Pemilu dan Pilkada tahun 2024 nanti. Salah satu hak yang didapat mereka yakni terdaftar sebagai DPT atau tidak.

“Meskipun memiliki keterbatasan, para penyandang disabilitas memiliki hak dan kewajiban yang sama sebagai pemilih,”ungkapnya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tikep Abdullah Dahlan yang juga sebagai pembicara pada sosialisasi tersebut mengatakan, Negara telah memberikan hak istimewa kepada pemilih disabilitas dan semua itu telah diatur dalam Undang-undang.

“KPU dan Bawaslu akan bekerja sama untuk melakukan verifikasi terkait data pemilih disabilitas yang ada di Kota Tidore Kepulauan sehingga para penyandang disabilitas nanti dapat menggunakan haknya dalam Pemilu dan Pilkada di tahun 2024, “pungkasnya. (rls)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *