Sultan Tidore Lepas Rombongan Pawai Obor sambut malam Lailatul Qadar

Maluku Utara24 views

AKSESNEWS.COM, TIDORE – Pemuda Soasio, Kota Tidore Kepulauan mengelar kegiatan pawai obor atau Masoninga Soasio 2022, yang di pusatkan di RT 4 Kelurahan Soasio Tidore, Kamis ( 28/4/22).

Kegiatan yang berlangsung
dengan tema “Masoninga Soasio dalam menyambut Malam Lailatul Qadar yang jatuh pada malam ke- 27 Ramadhan 1443 H,
disaksikan oleh Sultan Tidore Husain Alting Syah sekaligus membuka dengan Resmi kegiatan Masoninga Soasio 2022.

Staf Ahli Walikota Tidore Kepulauan Abdul Hakim Adjam meminta masyarakat Soasio untuk terus menjaga tradisi dari adat budaya yang kental dalam ajaran ajaran Islam.

Ia berharap, kegiatan seperti ini akan dapat melestarikan tradisi yang kita miliki sepanjang masa, yang tak lekang oleh waktu dan tak tergerus oleh zaman, jadikan masoninga Soasio 2022 sebagai sebuah kilas balik bagi kita baik secara pribadi maupun untuk menjadi lebih baik kedepannya, ” ucap Abdul Hakim.

Sebelum mengakhiri sambutanya, dirinya berharap agar kegiatan ini semakin menguatkan persatuan dan kesatuan masyarakat Soasio dimana saja.

“Semoga dimalam yang penuh kemuliaan yang bertempatan juga dengan malam ke 27 Ramadhan, kita semua memperoleh rahmat dan ampunan dimalam Lailatul Qadar, dan semoga kita di pertemukan di bulan ramadhan berikutnya, “pungkasnya.

Sementara Sultan Tidore Husain Syah diwaktu yang sama juga mengajak seluruh warga kota Tidore Kepulauan agar ramadhan berikutnya lebih semarak lagi.

“Pada tahun ini, saya mengajak kita semua, dan ramadhan berikut harus lebih semarak dari pada ini, semua kampung kampung harus di hidupkan malam Lailatul Qadar ini, malam yang lebih baik dari seribu bulan yang Allah berikan Bonus kepada kita semua.

Lanjut Sultan, Ia juga berharap kepada walikota dan wakil walikota dan seluruh jajarannya pada tahun berikut untuk bisa memberikan ruang dan tempat kepada generasi ini untuk mengeksplore seluruh kekuatannya untuk mencintai Islam, “harap Sultan Tidore.

Terpisah, Ketua Panitia, M. Rian Dj Taib dalam laporannya mengatakan acara ini di selenggarakan oleh pemuda pemuda soasio, masoninga soasio adalah sebuah perayaan untuk menghidupkan kembali tradisi masa lalu yang lazim di laksanakan oleh masyarakat dalam menyambut datangnya Lailatul Qadar atau malam laela 27 ramadhan

Dimulai dengan silaturahim sekaligus pemberian infaq kepada orang tua-,tua yang membutuhkan di masing-masing RK, dan kemudian pada selain itu pawai obor dan beberapa permainan tradisional juga akan di tampilkan untuk keramaian acara dan sekaligus memperkenalkan tradisi budaya ini kepada generasi muda.(rls/red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *