Gelar Bimtek Industri Rumahan, Musrifah Minta Perhatian Pemerintah untuk Kaum Perempuan di Sula

Maluku Utara115 views

AKSESNEWS.COM, SANANA – Pemerintah Provinsi Maluku Utara (Pemprov Malut) melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA) terus gencar melakukan Inovasi dan trobosan untuk kaum perempuan di Maluku Utara.

Bertempat di Aula Istana Daerah Sanana, Sabtu, 02 Juli 2022, DPPPA Malut menggelar kegiatan
Bimtek Industri Rumahan Bagi Kelompok Usaha Perempuan di Kabupaten Kepulauan Sula yang diikuti oleh Kelompok Industri Rumahan sebanyak 30 orang.

Dalam kegiatan tersebut juga menghadirkan beberapa orang narasumber diantaranya, Komisi IV DPRD Provinsi Maluku Utara Abdul Malik Silia, Dinas Perindagkop Kabupaten Sula, BRI Cabang Kab Kepulauan Sula dan fasilitator pembuat kue.

Kegiatan yang dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Sula M. Saleh Maradjabessy dengan tujuan untuk membuka dan memperluas kesempatan bagi kaum perempuan untuk mengembangkan potensi diri dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga di Kabupaten Kepulauan Sula.

Wakil Bupati Kepulauan Sula, M. Saleh Maradjabessy dalam sambutannya mengatakan bahwa diperlukan kemitraan dari semua pihak untuk kerjasama dalam mewujudkan kesejahteraan kaum perempuan dalam meningkatkan kualitas keluarga termasuk Industri Rumahan.


Wakil Bupati Kepulauan Sula, M. Saleh Maradjabessy saat menyerahkan bantuan kepada para kelompok usaha perempuan. (Istimewa)

Menurut Wabup, kendala besar yang dihadapi kaum perempuan adalah permodalan, pemasaran, serta pola pikir dalam dunia usaha. Karena itu, diharapkan dengan kegiatan ini kedepan dapat terbentuknya rumah kemasan yang dapat memasarkan serta mempromosikan hasil industri rumahan yang ada di Kabupaten Kepulauan Sula.

Saat ini, tambah Wabup, Kepulauan Sula telah memiliki dua desa ramah perempuan dan peduli anak yang menjadi Role Mode yaitu Desa Kou Kecamatan Mangoli dan Desa Wailau Kecamatan Sanana, Kabupaten Kepulauan Sula.

Kedua desa tersebut telah di pilih oleh Kementrian PPPA RI dan telah di launching langsung oleh ibu mentri PPPA beberapa waktu lalu di Kota Tidore Kepulauan, “ujarnya Wabup.

Sementara, Kepala DPPPA Malut
Hj. Musrifah Alhadar dalam sambutannya mengatakan bahwa salah satu tujuan pembangunan nasional adalah pembangunan sumberdaya manusia seutuhnya, baik laki-laki maupun perempuan pada berbagai segi kehidupan dalam pembangunan.

Hal ini sebagaimana 5 arahan presiden kepada Mentri PPPA RI, yaitu; Pertama, Peningkatan pemberdayaan perempuan dalam kewirausahaan. Kedua; Peningkatan peran ibu dalam pendidikan anak. Ketiga; Penurunan kekerasan terhadap perempuan dan anak. Keempat; Penurunan pekerja anak dan Kelima; Pencegahan perkawinan anak.

“Perempuan dan laki-laki harus selalu mendapat akses yang sama, ikut berpartisipasi dan mempunyai kesempatan dalam pengambilan keputusan serta dapat menikmati manfaat pembangunan secara bersama- sama, “kata Musrifah Alhadar.

Musrifah berharap kedepannya peningkatan perhatian dan tanggungjawab pemerintah untuk mendukung program dan kegiatan dari kaum perempuan khususnya Industri Rumahan yang ada di Kabupaten Kepulauan Sula.

Menurut dia, salah satu cara mengatasinya dengan penggunaan anggaran dana desa (ADD/DD), hal tersebut karena sebelumnya sudah ada MoU antara Kementrian desa dan Kementrian Pemberdayaan Perempuan, “pungkasnya.


Wakil Bupati Kepulauan Sula, Kadis DPPPA Malut, dan Ketua Komisi lV DPRD Malut melakukan foto bersama dengan beberapa kelompok Industri Rumahan di Sula. (Rusdi)

Selain Bimtek, DPPPA Malut juga memberikan bantuan yang dititipkan oleh Komisi lV DPRD Provinsi Maluku Abdul Malik Silia, berupa peralatan dapur untuk kelompok Usaha Rumahan di enam desa (6) desa yaitu, Desa Kou, Desa Wailau, Desa Pastina, Desa Falahu, Desa Mangon, Desa Waitulia. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *