6 TK di Halteng Gelar Pelepasan Bersama

Maluku Utara98 views

AKSESNEWS.COM, WEDA – Sebanyak 6 (enam) sekolah taman kanak kanak (TK) di Kabupaten Halmahera Tengah menggelar kegiatan pelepasan peserta didik kelas B ke jenjang sekolah dasar (SD), bertempat di Aula Dinas Pendidikan Kabupaten Halmahera Tengah, Kamis (30/6/22).

Enam sekolah yang menggelar pelepasan bersama tersebut yakni Kusumawati Desa Fidi Jaya, Tk Negeri Kuleyevo Desa Fidi Jaya, TK Nusliko Desa Nusliko, TK Wagawenek Desa Were, PAUD IT Wahda Islamiah Desa Nur Weda, dan PAUD Sinar Kasih Desa Kobe Pante, Kecamatan Weda Tengah.

Kegiatan itu dihadiri Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Halmahera Tengah, Ridwan Salidin, kepala bidang PAUD, Ibu Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Halteng, Ibu Bunda PAUD Kabupaten Halteng, Amria Dappi, Ibu Ketua Dharma wanita Persatuan Kab Halteng serta tamu undangan lain.

Ketua Panitia, Nurlaily Faroek dalam laporannya menyampaikan bahwa total keseluruhan peserta didik yang ikut pelepasan bersama di enam sekolah ini sebanyak 76 orang.

“Ini terdiri dari T KKusumawati 25 orang, TK Negeri Kuleyevo 18 orang, TK Nusliko 3 orang, TK Wagawenek 10 orang, PAUD IT Wahda Islamiah 10 orang, dan PAUD Sinar Kasih 10 orang,” katanya.

Dikatakan, dasar dari kegiatan tersebut adalah pembentukan panitia nomor K.00/PL/VI/06/2022. Sementara untuk anggaran dari kegiatan itu bersumber dari partisipasi sekolah, orang tua murid, bunda PAUD Kabupaten Halmahera Tengah dan Dinas Pendidikan.

Sementara itu, bunda PAUD dalam sambutannya menyampaikan bahwa pendidikan anak pada usia dini merupakan salah satu bentuk pendidikan yang menitipberatkan pada peletakkan dasar pertumbuhan anak sejak lahir, sampai berusia enam tahun.

“Karena diusia ini anak-anak akan memperoleh masa perkembangan moral, perkembangan fisik, kecerdasan.emosional,bahasa dan komonikasi,” katanya.

Dikatakan juga, usia dini atau masa kanak-kanak hanya datang satu kali, masa ini disebut dengan masa emas atau golden haed. Mengingat pada usia dini memperoleh masa perkembangan, maka kepada orang tua dan guru diharapkan memberikan sentuhan kasih sayang yang tulus kepada anak agar nantinya dapat tumbuh dan berkembang secara optimal.

“Saya yakin dan percaya bahwa guru-guru kita telah berbuat yang terbaik, hal ini dibuktikan pada saat saya berkunjung di PAUD, baik di kecamatan Weda, maupun kecamatan lain, yang dirangkaikan dengan kegiatan bunda menyapa, yang merupakan programkan oleh Dinas Pendidikan Kab Halteng, saya sangat terhibur dengan penampilan dan keceriaan anak-anak kita,” jelasnya, sambil menambahkan bahwa keceriaan mereka menunjukkan bahwa pendidikan PAUD di Kabupaten Halteng secara umum dan secara khusus yang ada di kota Weda dan yang kita saksikan sekarang telah berjalan dengan baik.

Dia juga menambahkan agar anak-anak memang harus selalu ceriah, selalu digembirakan, selalu disemangati oleh kita dengan cara membawa mereka dalam dunia bermain, sambil belajar, dan tidak boleh di paksakan

“Karena pembelajaran di PAUD ada prinsipnya yakni belajar sambil bermain, bermain seraya belajar dan berpusat kepada anak,” ujarnya.

Untuk itu, tambahnya, selaku bunda PAUD saya menghimbau kepada kita semua, mari kita bergandeng tangan mendukung program pemerintah untuk terus mendorong kesadaran dan partisipasi seluruh lapisan masyarakat untuk menghadirkan PAUD berkualitas serta kesiapan untuk menuju generasi emas tahun 2045.

Tak lupa dalam kesempatan itu, bunda PAUD juga memberikan ucapan terima kasih kepada pihak pemerintah dalam hal ini Dinas Pendidikan serta kepada kepala sekolah dan guru guru.

Dalam kegiatan itu, Kepala TK Kusumawati, Nurlaily Faroek memberikan cendranata kepada ibu Salam Kadim, selaku purnabakti. (Dym/Hms)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *