Peringati HKN ke 58, Sebanyak 90 tenaga Kesehatan dikerahkan ke Kecamatan Oba

Tidore11 views

AKSESNEWS.COM, TIDORE – Sekretaris Daerah Kota Tidore Kepulauan Ismail Dukomalamo membuka secara resmi kegiatan bakti sosial pengobatan massal dan Khitanan dalam rangka Hari Kesehatan Nasional (HKN) Ke-58.

 

Kegiatan yang berlangsung di Kelurahan Payahe, Kecamatan Oba, Kota Tidore Kepulauan pada Sabtu (5/11/22) kemarin tampak disambut baik dan dipenuhi pasien yang hadir untuk memeriksa kesehatan dan lain sebagainya.

 

Sekretaris Daerah Kota Tidore Kepulauan dikesempatan itu, memberi apresiasi kepada panitia dan keluarga besar tenaga kesehatan di Kota Tidore Kepulauan, hal ini karena telah mengadakan kegiatan pengobatan massal dan khitanan tersebut.

 

“Terima kasih kepada Kadis Kesehatan, panitia, dan seluruh tenaga kesehatan lainnya yang telah mengadakan kegiatan ini sehingga masyarakat di daratan oba dapat dijangkau dalam pelayanan kesehatan, “ucap Ismail.

 

Mengutip penyampaian Kementerian Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin, Sekertaris Daerah mengatakan bahwa untuk mengatasi permasalahan kesehatan masyarakat maka butuhkan kerjasama yang baik dari seluruh komponen masyarakat dan tenaga kesehatan terutama persoalan stunting.

 

Untuk itu, melalui kegiatan tersebut Ismail Dokumalamo berharap agar setiap komponen, stakeholder bisa berkerja bersama untuk mengatasi persoalan kesehatan, terutama persoalan stunting di Kota Tidore Kepulauan yang masih berada di angka 25.1 persen sehingga masih membutuhkan dukungan untuk mencapai RPJMN 2024 sebesar 14 persen, “harapnya.

 

Sementara diwaktu yang sama, Ketua TP-PKK Kota Tidore Kepualaun Hj. Safia Ali Ibrahim menyampaikan bahwa PKK dan Dharma Wanita Persatuan Kota Tidore Kepulauan di tahun-tahun sebelumnya sudah sering melakukan kegiatan seperti ini.

 

Namun, pada 3 tahun belakang ini karena adanya Covid-19 maka kegiatan tersebut belum dilaksanakan.

 

“Semoga Dinas Kesehatan dan para tenaga kesehatan dapat berkerja sama dengan TP-PKK dan Dharma Wanita Persatuan Kota Tidore Kepulauan untuk menjadikan kegiatan kesehatan masyarakat ini sebagai kegiatan tahunan, “pintanya.

 

Terpisah, Kepala Dinas Kesehatan Kota Tidore Kepulauan Abd. Madjid Do. M. Nur menjelaskan alasan kenapa kesehatan masyarakat dipusatkan di kecamatan Oba, hal ini karena Kecamatan Oba sebagai titik sentral yang tepat agar masyarakat yang berada di oba Selatan juga dapat mengikuti.

 

“Kecamatan Oba kami pilih sebagai pusat kegiatan ini karena Oba merupakan titik sentral yang pas untuk dijangkau oleh masyarakat di kecamatan Oba Selatan, “katanya.

 

Untuk mengsukseskan kegiatan ini, Dinas Kesehatan bekerja sama dengan organisasi pemerintahan yakni, TP-PKK Kota Tidore Kepulauan, Dharma Wanita Persatuan Kota Tidore Kepulauan, Dharma Wanita Persatuan Dinas Kesehatan, dan menghadirkan kurang lebih 20 Dokter Spesialis dan kurang lebih 70 tenaga kesehatan yang berada di Kota Tidore Kepulauan.

 

Turut hadir Ketua dan Ketua I TP-PKK Kota Tidore Kepulauan bersama pengurus, Ketua Dharma Wanita Persatuan Kota Tidore Kepulauan dan pengurus, Dharma Wanita Persatuan Dinas Kesehatan, camat bersama Forkompimcam Kecamatan Oba, dan Camat Oba Tengah. (hms/NT)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *