Pentas Seni Dan Budaya Perhelatan Sail Tidore 2022 Resmi Dibuka Menpora

Tidore18 views

AKSESNEWS.COM, TIDORE – Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia, Zainudin Amali resmi membuka acara pentas seni dan budaya pada perhelatan acara Sail Tidore 2022. Pembukaan yang dilangsungkan di kawasan pantai Tugulufa, Kamis (23/11/2022) itu juga dihadiri oleh Gubernur Maluku Utara, Sultan Tidore, Wali Kota Tidore beserta Wakil Wali Kota Tidore, Wali Kota Ternate, Panglima Kodam Pattimura, Ketua DPRD Provinsi Malut, Forkopimda Malut dan Forkopimda Kota Tidore Kepulauan.

Dalam pembukaan itu, Menpora mengatakan, makna pelaksanaan Sail Tidore sangat luas, baik oleh Pemerintah pusat, Provinsi maupun Kota yang bukan hanya tentang urusan berlayar. Tetapi, dengan pelaksanaan Sail Tidore, masyarakat dunia yang sebelumnya belum mengetahui tentang Tidore, akan menjadi tahu dan melihat keindahan Kota Tidore. Karena, kegiatan ini sudah terpublikasi secara luas.

Menurut Menpora, pelaksanaan kegiatan Interanasional seperti ini tidak mudah. Jika suatu pemerintah mampu melaksanakan kegiatan internasional, termasuk Sail Tidore ini, maka itu adalah tanda kehebatan dari Pemerintahan tersebut.

Di hadapan ribuan mata yang menyaksikan pembukaan itu, Menpora, Zainudin Amali menyatakan, masyarakat Kota Tidore Kepulauan harus berbangga diri, karena Tidore menjadi pilihan tempat pelaksanaan Sail Internasional 2022 saat ini. Sebab tidak banyak daerah yang bisa terpilih untuk menjadi tempat pelaksanaan Sail Internasional.

“Untuk itu, saya minta, tunjukan kepada tamu yang datang bahwa kita adalah masyarakat ramah, nyaman dan aman,” pinta Menpora.

Menpora juga meminta dukungan kepada masyarakat Kota Tidore Kepulauan untuk turut mensukseskan Sail Tidore. Sebab, kerjakeras Pemprov Malut dan Pemkot Tikep tidak akan berjalan manis jika tidak didukung oleh masyarakat.

“Inti dari kegiatan ini adalah, semua yang datang akan pulang membawa kesan baik dan positif sehingga mereka bisa datang ke Tidore lagi secara berulang-ulang,” tegas Menpora.

Zainudin Amali juga menegaskan, pelaksanaan Sail Tidore harus mempunyai dampak terhadap masyarakat. Sasaran lain yang dituju dalam pelaksanaan Sail Tidore adalah pengembangan sektor pariwisata di Kota Tidore Kepulauan. Dengan momentum kedatangan tamu dari berbagai manca negara, diharapkan pariwisata di Kota Tidore Kepulauan semakin baik.

“Dengan begitu, kontribusi pertumbuhan ekonomi Tidore juga semakin membaik,” tandasnya.

Sementara itu, Wali Kota Tidore Kepulauan Capt H. Ali Ibrahim dalam sambutannya mengatakan, Pasca Sail Tidore nanti, kegiatan pentas seni dan budaya ini terus dilaksanakan sebagai agenda tahunan Pemerintah Daerah Kota Tidore Kepulauan. Ia juga mengajak masyarakat Kota Tidore Kepulauan, khususnya anak muda untuk terus berkreasi dan berinovasi untuk membuat Tidore menjadi lebih baik.

“Mari kita terus berkreasi dan berinovasi untuk membuat Tidore menjadi yang terbaik, semoga rangkaian Sail Tidore ini berjalan lancar dan sukses, kami harap, kegiatan pentas seni budaya ini, dapat menumbuhkan rasa kecintaan masyarakat terhadap tradisi budaya masyarakat Tidore, dan semangat untuk mencintai budaya sendiri,” Ucap Ali Ibrahim.(HMS/NT)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *