Gelar CSR, Ali Ibrahim: Pasca Sail Tidore, UMKM Mengalami Peningkatan

Tidore21 views

AKSESNEWS.COM, TIDORE – Kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) Pasca Sail Tidore 2022 diharapkan mampu memberikan dampak positif dan kontribusi nilai tambah dalam rangka peningkatan kesejahteraan nelayan di Kota Tidore Kepulauan. Kegiatan yang digelar di Aula Sultan Nuku Kantor Walikota, Senin (3/4/2023) tersebut diikuti oleh 100 orang Nelayan yang tersebar di Kota Tidore Kepulauan.

Selaku Event Organizer (EO) acara puncak Sail Tidore 2022, Direktur PT. Samuan Rumah Kreasi, Bambang Edi Haryanto dalam laporannya menyampaikan, pembiayaan acara Sail Tidore 2022 berasal dari sponsor para perusahaan swasta, nasional dan BUMN yang berjumlah 18 perusahaan, dengan nilai sponsor yang bervariasi, skema sponsor yang dilakukan adalah skema bisnis to bisnis.

“Para sponsor menyumbangkan dananya kepada pihak EO dalam hal ini PT. Samuan Rumah Kreasi memberikan kontraprestasi atau memberikan benefit berupa pemasangan logo perusahaan pada berbagai sarana promosi seperti, banner, spanduk, billboard, video promosi, koran dan sarana promosi lainnya,” papar Bambang.

Lanjut, Bambang menjelaskan, variasi benefit yang diterima sponsor didasarkan atas nilai sponsor yang diberikan, Alhamdulillah dana yang terkumpul telah digunakan untuk membiayai acara Puncak Sail Tidore masih tersisa, sehingga berdasarkan kerangka acuan kerja yang telah disusun, sistem dana tersebut digunakan untuk program CSR pasca Sail Tidore 2022.

“Pembayaran dana sponsorpsip dari perusahaan ternyata waktunya tidak bersamaan, sebagai contoh pada akhir November 2022 setelah kami selesai melaksanakan event Sail Tidore, baru terkumpul 35%, selanjutnya berturut-turut pada bulan Desember 2022, Januari 2023 dan akhirnya di akhir Februari 2023 keseluruhan baru terkumpul,” Imbuh Bambang

Sehingga pada bulan Maret 2023 baru kami dapat melaporkan dana yang terkumpul dan sisa dana yang ada yang bisa kita gunakan untuk acara CSR, sehingga untuk itu pelaksanaan CSR baru bisa kami lakukan di awal April 2023 ini. Proses pembuatan proposal CSR dilakukan setelah mendapat masukan dari Pemerintah Kota Tidore Kepulauan yang kami peroleh informasinya dari Dirjen Bangda Kemendagri.

“Pada intinya program CSR ini dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan ataupun keterampilan para nelayan di Kota Tidore Kepulauan, serta memberikan fasilitas kebersihan khususnya di Tugulufa tempat acara Sail Tidore dilakukan, bahwa Tugulufa setelah pasca Sail Tidore saat ini menjadi tempat wisata, sehingga untuk itu program CSR ini kami menyiapkan dua kontainer sampah yang rencananya akan diletakkan di pelataran Tugulufa, dan 1 unit sepeda motor pengangkut sampah, hal ini dimaksudkan agar dapat membantu kebersihan di area tugulufa,” jelas Bambang.

Senada, Walikota Tidore Kepulauan Capt H. Ali Ibrahim dalam sambutannya mengatakan, Sail Tidore 2022 yang telah dihelat bersama-sama pada November tahun 2022 menjadi sebuah kegiatan yang membawa nama daerah Tidore di kancah nasional, atas keberhasilan tersebut, ia menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada semua pihak, termasuk jajaran Kementerian yang telah berusaha dengan maksimal, juga dengan pemerintah provinsi Maluku Utara maupun para UMKM yang telah ikut berkontribusi, dan kepada seluruh Warga Masyarakat Kota Tidore Kepulauan tanpa terkecuali.

“Hari ini, kita kembali berkumpul untuk menggelar program Pelaksanaan CSR sebagai sebuah tanggungjawab Pasca Sail Tidore 2022, hal ini tentunya harus kita maksimalkan, cukup terlihat dari beberapa sektor seperti sektor pariwisata, perdagangan, transportasi, infrastruktur yang mengalami perubahan dan peningkatan dan juga dari sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang juga terlihat mengalami peningkatan,” tutur Ali Ibrahim.

Ali Ibrahim menambahkan, progres selanjutnya yang akan membutuhkan sebuah tindakan lebih nyata, seperti pemeliharaan dan pelatihan kepada UMKM khususnya pada Sektor Kelautan dan Perikanan yang merupakan basic dari gambaran umum Kota Tidore yang berbentuk kepulauan dikelilingi lautan yang kaya akan segala jenis ikan, untuk itu ia mengharapkan agar para peserta yang mengikuti kegiatan ini dapat mengikutinya dengan baik dan cermat, karena setiap ilmu merupakan sebuah kekayaan yang tidak dapat diukur dengan sebuah angka.

Tak lupa diakhir sambutannya, orang nomor satu di Kota Tidore Kepulauan ini juga menyampaikan terima kasih kepada Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia bersama PT. Samuan Rumah Kreasi yang telah menginisiasi kegiatan ini, “semoga kegiatan ini mampu menjalin silaturahim diantara kita dengan lebih erat lagi Pasca Sail Tidore 2022,” ucap Ali Ibrahim.

Di kesempatan yang sama, mantan Dirjen Bina Bangda Kemendagri yang juga selaku ketua acara puncak Sail Tidore 2022, Dr. Teguh Setyabudi yang kini telah menjabat sebagai Dirjen Dukcapil Kemendagri dalam sambutannya mengharapkan, terkait dengan pelaksanaan CSR ini ia berharap betul ini nantinya bisa memberikan dampak positif dan kontribusi nilai tambah dalam rangka peningkatan kesejahteraan nelayan di Kota Tidore Kepulauan.

“Kami datang ke sini juga mengfollowup apa yang sudah disampaikan oleh Bapak Menteri Dalam Negeri pada saat acara puncak Sail Tidore 2022, yakni mesin anjungan dukcapil mandiri (ADM) Alhamdulillah kemarin sudah sampai, dan saat ini sudah bisa digunakan di lingkungan kantor Pemerintahan Kota Tidore Kepulauan, mudah-mudahan ini bisa dimanfaatkan karena mesin ADM yang kita bawa ke sini adalah mesin yang relatif jauh lebih baru, terbaru dari dari sisi teknologi bisa mencetak beberapa dokumen langsung dari handphone yang sudah ada IKDnya (Identitas Kependudukan Digital),” kata Teguh.

Teguh menambahkan, rangkaian ataupun album besar terkait sail Tidore 2022 sudah disusun, Insya Allah sangat memadai buku acara Puncak Sail Tidore tersebut nanti kami akan bagikan kepada seluruh Kementerian lembaga dan juga pemerintah daerah untuk bisa menjadi minimal role model atau atau contoh pelaksanaan sail-sail Indonesia pada masa berikutnya.

“Bukunya sudah lengkap dan sebentar nanti akan dibagikan kepada pihak-pihak tertentu di Kota Tidore, agar tahu persis inilah peninggalan acara Sail Tidore 2022. Karena menurut Kemenkomarves hanya acara Sail Tidore yang memiliki album, album besar kegiatan Sail Indonesia baru kali ini, baru di Sail Tidore 2022. Mudah-mudahan di Sail berikutnya yang akan dilaksanakan di Teluk Cendrawasih Papua nanti, ada tinggalan secara fisik dan sebagainya juga ada kenangan dalam album seperti Sail Tidore 2022,” tutup Teguh.

Ceremony acara ini diakhiri dengan penyerahan secara simbolis buku Sail Tidore 2022, dari Dirjen Dukcapil Kemendagri kepada Asisten III Provinsi Maluku Utara, Asrul Gailea, Dandim 1505/Tidore dan Wakaporlesta Tidore dan dilanjutkan dengan Penyerahan Buku Sail Tidore 2022, Mockup Motor Angkut Sampah, dan Kontainer Sampah kepada Walikota Tidore Kepulauan Capt H. Ali Ibrahim. (HMS/NT)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *