K. H. Ma’ruf Amin Dukung Lembaga Riset di Maluku Utara Untuk Perbanyak Penelitian Tokoh Maritim Nusantara

Nasional, Tidore433 views

AKSESNEWS.COM, TIDORE – Sejarah mencatat Enrique Maluku sebagai Pengeliling Dunia Pertama dari Tidore. Ia adalah sosok yang mendampingi Ferdinand Magellan dalam misi melakukan ekspedisi mengelilingi bumi. Dikisahkan Ferdinand Magellan tidak berhasil melaksanakan misi sebab terbunuh dalam pertempuran dengan penduduk asli Filipina. Enrique kemudian melanjutkan perjalanan hingga tiba di Tidore, sehingga ia dianggap telah berhasil mengelilingi dunia.

Berdasarkan kisah tersebut, Wakil Presiden (Wapres) K. H. Ma’ruf Amin menganggap Enrique sebagai simbol jati diri masyarakat Maluku yang terbuka, berpikir global, fisik yang tangguh, dan memiliki wawasan pelayaran yang unggul. Untuk itu, Wapres mendukung lembaga riset di Maluku Utara untuk dapat memperbanyak penelitian mengenai tokoh maritim nusantara.

“Saya memandang pentingnya kita mendorong pusat-pusat penelitian di Maluku Utara dan di Indonesia untuk memperbanyak penelitian tentang tokoh-tokoh maritim Nusantara, serta mengembangkan program pendidikan dan pelatihan di bidang Ekonomi Biru dalam rangka mewujudkan visi poros maritim dunia,” ungkap Wapres saat menghadiri Seminar Nasional Melacak Jalur Peradaban Rempah Dunia yang diselenggarakan di Kantor Wali Kota Tidore Kepulauan, Kamis (11/05/2023).

Lebih lanjut, Wapres menyebutkan adanya penelitian mengenai tokoh maritim nusantara dapat menunjukkan keuletan bangsa dalam ilmu pengetahuan sejak dahulu, serta meningkatkan pengetahuan masyarakat masa kini tentang sejarah Indonesia.

Ia juga mengajak berbagai pihak untuk berkolaborasi memperjuangkan agenda jalur rempah sebagai warisan budaya UNESCO pada tahun 2024. Dalam konteks itu wilayah Maluku Utara adalah bagian penting dari perjalanan sejarah jalur rempah Nusantara.

“Penelitian semacam ini akan memperluas khazanah sejarah bangsa Indonesia dan untuk membuktikan bahwa bangsa kita adalah bangsa yang berkemajuan sejak dahulu, ” jelas Wapres.

Menutup sambutannya, Wapres menekankan pentingnya kekayaan sejarah dan budaya sebagai kebanggaan bangsa dalam menjaga kebinnekaan.

“Kajian kekayaan sejarah dan budaya bangsa Indonesia tentunya akan mempertebal kebanggaan kita akan jati diri bangsa dalam ikatan ke-Indonesia-an,” pungkas Wapres.(HMS/NT)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *