Kunjungi Tidore, Wapres: Saya Merasa Bahagia Bertemu Dengan Masyarakat Tidore

Nasional, Tidore428 views

AKSESNEWS.COM, TIDORE – Melakukan Kunjungan Kerja di Maluku Utara, Wakil Presiden Republik Indonesia, K.H Ma’ruf Amin membuka secara resmi Seminar Nasional yang bertajuk “Melacak Jalur Peradaban Rempah Dunia, Enrique Maluku Pengeliling Dunia Pertama dari Tidore,” yang digelar di Aula Sultan Nuku, Kantor Walikota Tidore, Kamis (11/5/2023).

Mengawali sambutannya, orang nomor dua di Republik Indonesia ini mengungkapkan rasa bahagia, dapat menginjakkan kaki di Kota Tidore Kepulauan, serta bisa bertemu langsung dengan masyarakat Kota Tidore, meskipun baru pertama kali ke Kota Tidore, ia berharap kehadirannya membawa kebaikan dan keberkahan.

“Saya bersyukur, Alhamdulillah, hari ini saya dapat berkunjung untuk yang pertama kalinya di Kota Tidore Kepulauan, saya sudah 2 kali ke Ternate tapi baru sekali ini ke Tidore, dan saya merasa bahagia bertemu dengan masyarakat Tidore, mudah-mudahan kehadiran saya ini memberikan kebaikan dan keberkahan buat kita semua,” Tutur K.H Ma’ruf Amin.

Lebih lanjut, Wakil Presiden Republik Indonesia ini juga mengapresiasi Pemerintah Kota Tidore Kepulauan serta para generasi muda Kota Tidore dan Maluku Utara pada umumnya, atas terselenggaranya seminar nasional ini, ia berharap seminar ini menghasilkan saran dan masukkan yang komprehensif kepada pemerintah, guna memperkuat jalur rempah nusantara sebagai jalan peradaban.

“Saya ingin menegaskan bahwa Maluku Utara adalah titik nol dari jalur rempah dunia, saya mengapresiasi Pemerintah Kota Tidore Kepulauan, tokoh-tokoh nasional dan generasi muda di Maluku Utara yang menyelenggarakan seminar nasional ini, Saya harap seminar ini menghasilkan saran dan masukkan yang komprehensif kepada pemerintah, guna memperkuat jalur rempah nusantara sebagai jalan peradaban,” Imbuh Ma’ruf.

Di kesempatan yang sama, Walikota Tidore Kepulauan, Capt H. Ali Ibrahim dalam laporannya mengatakan, seminar ini bertujuan untuk mengupas narasi dan kebenaran history apakah Enrique Maluku itu benar-benar orang Tidore ataukah bukan, sebab sejarah Tidore juga terkait dengan sircum navigasi, awal perjalanan manusia mengelilingi bumi.

“Disinyalir orang pertama yang mengelilingi bumi bukanlah Magelhaens, tetapi Enrique Maluku, sosok pemberani yang disinyalir berasal dari Tidore, dan sosok ini nanti dibedah dalam seminar nasional hari ini, mudah-mudahan para ahli yang hadir sebagai pembicara, baik ahli sejarah, bahasa, sosiologi maupun antropologi akan mengupas secara ilmiah keberadaan siapa Enrique sebenarnya,” Ucap Ali Ibrahim.

Sementara, Gubernur Maluku Utara KH. Abdul Gani Kasuba dalam sambutannya juga menyampaikan ucapan terima kasih atas kehadiran Wakil Presiden di Tanah Tidore yang akan membawa kebaikan dan keberkahan bagi masyarakat Tidore.

“Dengan kehadiran Pak Wapres menginjakkan kaki di Tidore ini, saya yakin akan membawa berkah yang besar,” ucap Abdul Gani.

Di sela-sela acara pembukaan seminar tersebut, Walikota Tidore Kepulauan Capt H. Ali Ibrahim menyerahkan Lukisan Pohon Cengkeh yang diterima langsung oleh Wakil Presiden Republik Indonesia K.H Ma’ruf Amin, lukisan ini merupakan lukisan pohon cengkeh pertama yang dikenal bangsa eropa, dilukis oleh Antonio Pigafeta di Mareku Tidore pada Tahun 1521.

Usai membuka seminar nasional, Wakil Presiden RI didampingi Gubernur Maluku Utara dan Walikota Tidore Kepulauan memberikan bingkisan berupa tas sekolah kepada siswa siswi SD/SMP se Kota Tidore Kepulauan.

Turut hadir mengikuti pembukaan seminar nasional ini, Forkopimda Provinsi Maluku Utara, Forkopimda Kota Tidore Kepulauan, Ketua dan Ketua I TP PKK Kota Tidore, Asisten Sekda dan Staf Ahli Walikota, Anggota DPRD Kota Tidore Kepulauan, Pimpinan OPD Kota Tidore, Para Narasumber serta Perwakilan Peserta Seminar.(HMS/NT)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *