Walikota Tidore Dukung Kegiatan SNA Ke XXVI

Tidore11 views

AKSESNEWS.COM, TIDORE – Walikota Tidore Kepulauan, Capt H. Ali Ibrahim mendukung penuh kegiatan Simposium Nasional Akuntasi (SNA) ke XXVI yang akan digelar September 2023 mendatang di Universitas Khairun Ternate.
Hal tersebut disampaikannya saat menerima audience Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Khairun Ternate bersama Panitia Simposium Nasional Akuntansi (SNA) ke XXVI di Ruang Rapat Walikota, Kamis (25/5/2023).

Dalam arahannya, Ali Ibrahim mengatakan siap mendukung pelaksanaan Simposium Nasional Akuntasi (SNA) ke XXVI, dan rencana Kota Tidore menjadi tuan rumah kunjungan peserta SNA pada hari ke 3 juga siap.

“Kami Pemerintah Daerah Kota Tidore Kepulauan sangat respon dengan kunjungan ini, kami mendukung pelaksanaan Simposium Nasional Akuntasi (SNA) ke XXVI di Universitas Khairun ini, dan rencana kunjungan peserta SNA ke Kota Tidore juga kami siap menjadi tuan rumah,” Tutur Ali Ibrahim.

Lebih lanjut, Ketua Ikatan Alumni Unkhair ini juga mengatakan siap membantu panitia Simposium Nasional Akuntasi, baik dalam bentuk materi maupun moril serta bentuk partisipasi lainnya.
Di kesempatan yang sama, Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unkhair Ternate, Muhsin Bailusy menyampaikan, pihaknya akan menyerahkan 52 website desa yang telah dibuat oleh mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis pada program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) di Kota Tidore Kepulauan 5 bulan yang lalu.

“Untuk sementara masih proses pengurusan hak paten (HAKI) websitenya, kalau itu sudah selesai, kami akan serahkan, dan itu akan menjadi hak desa masing-masing, kami harap Walikota Tidore bersama Kepala Desa nanti kami undang ke kampus untuk penyerahan secara resmi oleh Rektor ke Walikota,” Pinta Muhsin.

Sementara, Ketua Panitia Simposium Nasional Akuntasi (SNA) ke XXVI, Irfan Zam Zam dalam kesempatan tersebut menjelaskan, kegiatan SNA ini bergilir setiap Provinsi, dan Maluku Utara dipercayakan sebagai tuan rumah pelaksanaan SNA yang ke XXVI.

“Untuk mendapatkan tuan rumah ini, kami presentasikan pada saat SNA ke XXV di Kendari, dan dari sekian beberapa calon tuan rumah, Maluku Utara terpilih, salah satu pertimbangannya adalah karena konsep wisata dan kearifan lokal di Maluku Utara yang menjadi daya tarik, peserta yang mengikuti kegiatan ini berjumlah 1.000 orang” Jelas Irfan.

Irfan menambahkan, tema pada SNA 2023 ini yaitu “Marong Profesi Akuntan dan Entitas Bisnis dalam Mendukung Ekonomi Nasional yang Berkelanjutan”, Kata Marong sendiri berarti Kerjasama atau kolaborasi, sebagaimana diketahui bahwa akuntan merupakan profesi yang sangat penting, prospeknya bisa ke BPK, BPKP, Perbendaharaan, BI dan Akademis.

“Kami sudah koordinasikan dengan teman-teman di BPK, dan salah satu pemateri pada kegiatan SNA ini adalah Ketua BPK RI, Dr Isma Yatun, pembukaan acara ini di Gedung Unkhair Kampus I Kelurahan Akehuda, adapun keynote speaker atau pembicara utama salah satunya yaitu Bapak Walikota Tidore Kepulauan,” Kata Irfan.

Pada hari kedua akan dilangsungkan acara presentase masing-masing akuntan, temuan penelitian mereka selama ini untuk pengembangan akuntan di Indonesia, lanjut Irfan menambahkan. Dan pada hari ke tiganya, yaitu hari wisata yang akan dipusatkan di Kota Tidore Kepulauan.

“Untuk pematerinya, yang sudah terkonfirmasi hadir yaitu Ketua BPK RI, Dr Isma Yatun, yang kedua kalau tidak Menkomarves, Luhut Binsar Panjaitan berarti Menteri BUMN, Erick Thohir, dan yang ketiga dari Pemerintah Daerah, kami memohon kesediaan Bapak Walikota Tidore untuk bisa memberikan Materi tentang akuntan pada kegiatan tersebut,” Ucap Irfan.

Pertimbangannya bahwa Kota Tidore Kepulauan hampir setiap tahun mendapat predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK, “ini sudah kami koordinasikan dengan teman-teman BPK, mereka sangat respon, jika boleh Walikota Tidore bisa berbagi cerita kiat-kiat untuk mempertahankan WTP dan meningkatkan akuntabilitas, terutama juga zona integritas anti korupsi,” Tutup Irfan.(HMS/NT)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *