Puluhan Warga dan Siswa SMAN 36 Halsel Gelar Aksi Unjuk Rasa


AKSESNEWS.COM, HALSEL  – Puluhan warga dan siswa-siswi gelar aksi unjuk rasa menolak adanya pergantian Kepala Sekolah (Kepsek) Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 36 Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel), Kamis (22/6/2023).

Aksi ini berlangsung di halaman sekolah SMAN 36 Halsel, bertempat di Desa Jiko Kecamatan Mandioli Selatan Kabupaten Halsel. Tampak, massa membakar ban bekas di depan gedung sekolah, adapun umbul-umbul spanduk penolakan dipajang.



Salah satu spanduk yang dipegang, bertuliskan “Kami orang tua siswa menolak Kepsek yang baru, pertahankan Kepsek lama,” kemudian para orang tua murid menyampaikan aspirasi mereka di depan Kantor sekolah tersebut.

Dalam kesempatan itu massa aksi mengecam keras pergantian Kepsek Irma Tahir dengan Kepsek baru Rohani K. Bahar dalam pelantikan 91 Kepsek pada pekan lalu, sesuai Surat Keputusan (SK) Gubernur Malut Nomor:821.2/KEP/KS/31/VI/2023.

Rusmini salah satu orang tua murid menuturkan, bahwa masyarakat disini sudah kenal lama dengan Kepsek Irma Tahir yang telah berjuang membangun sekolah dengan baik, maka masyarakat menolak Kepsek Irma Tahir digantikan.

“Masyarakat masih mau mempertahankan Kepsek lama karena kepsek lama berjuang dari nol untuk SMA ini, karena perjuanga beliaulah pada saat ini banyak gedung berdiri kokoh,” ujar Rusmini kepada wartawan media ini via WhatsApp.

Menurut Rusmini, masyarakat di desa ini mengingat jasa perjuangan dan pengabdian yang diberikan Irma Tahir pada sekolah tersebut. Rumini juga menyebut kalau masyarakat menyukai akhlaknya yang sangat bagus.

“Kepala kekolah Irma Tahir memiliki rasa tanggung jawab yang sangat tinggi, kebijakannya, pembawaan terhadap siswa-siswi sangat baik, peduli pada sekolah, akrab dengan masyarakat,” sambung Rusmini menyebut.

Sejalan dengan itu, Nurja orang tua murid lain mengaku bahwa masyarakat Desa Jiko sudah menganggap Kepsek Irma Tahur seperti masyarakat Desa Jiko itu sendiri.

Lanjut Nurja, masyarakat menyukai Kepsek lama kenapa digantikan dengan yang baru, jikapun ada masalah beritahu. Sebab setahu masyarakat manajemen sekolah dibawah pimpinan Irma sangat baik.

“Kami masih menyukai Kepsek lama kenapa harus diganti, apa kesalahannya, tanya masyarakat,” pungkasnya.

Adapun tuntutan massa aksi, yaitu meminta Pemerintah Provinsi untuk kembalikan Irma Tahir sebagai Kepala Sekolah SMAN 36 Halsel karena masyarakat dan orang tua murid menolak kehadiran Kepsek baru. (rfd/at)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *